Suka Menikmati Musik Sendirian? Ini Cara Memilih Earphone yang Tepat!

Friday, 07 August 2015

Siapa sih yang tidak suka musik. Menikmati musik sendirian di tengah keramaian dapat memberi kesenangan tersendiri. Tenggelam dalam musik kesukaan juga bisa membangkitkan mood untuk menyelesaikan aktivitas. Saat joging, di perjalanan, dan saat bekerja seringkali earphone menjadi teman setia mendengarkan musik. Namun agar telinga tidak mudah terganggu kesehatannya dan mendengarkan musik menjadi lebih nyaman, pilihlah earphone yang tepat ya. Ini cara memilih earphone yang tepat untukmu.

1. Pilih bentuk yang nyaman

Setidaknya ada tiga bentuk yang bisa kamu pilih, over ear, on ear, dan earbuds. Over ear atau full size headphone akan menutup sempurna telingamu. Biasanya suara lebih jernih karena dapat mereduksi kebisingan dari luar. Namun ukurannya yang besar membuatnya kurang nyaman dibawa-bawa. On ear headphone menempel di telinga. Ukurannya sedikit lebih kecil dari full size headphone. Lebih nyaman untuk joging ataupun para commuter, kamu bisa tetap awas dengan suara sekitar tetapi juga tetap bisa menikmati musik favorit. Sementara model earbuds lebih portable untuk dibawa-bawa karena ukurannya yang kecil. Namun kualitas suara umumnya tidak sebaik dua model sebelumnya dan rentan lepas kalau pengguna banyak bergerak seperti olahraga.

2. Sesuaikan dengan musik favoritmu

Kalau suka musik hip hop atau RnB perhatikan yang frekuensinya rendah agar suara bass-nya lebih mantap. Sementara kalau suka musik rock atau klasik perhatikan treble-nya. Misalnya 15Hz-27.000 Hz. Semakin kecil angkanya semakin lengkap frekuensi bass sementara semakin tinggi, fungsi treble-nya yang semakin baik.

3. Perhatikan volume

Batasi keinginan untuk memutar volume kencang-kencang. Bahaya lho untuk pendengaranmu. Menurut badan kesehatan dunia, WHO, tingkat kebisingan maksimal sebesar 105 db pada pemutar musik hanya aman bagi telingamu sepanjang empat menit saja lho. Suara lebih dari 80db saja sudah dapat membuat sel-sel rambut telingamu kelelahan. Sebagai gambaran, suara orang berbicara normal ada pada kisaran 60-70db. Jadi hindari memutar volume earphone-mu terlalu kencang ya.

4. Pertimbangkan fitur

Untuk menikmati musik tanpa gangguan suara lain beberapa jenis earphone dilengkapi noise cancellation atau noise isolation. Kalau tidak suka belitan kabel, pilih saja yang wireless.

5. Test and play

Coba tes perangkat yang akan kamu beli. Jangan hanya 3-5 menit. Coba lebih lama 15 menit atau lebih akan lebih baik. Sebab ada kalanya earphone hanya nyaman di beberapa menit awal saja, selanjutnya terasa sakit di telinga.

Jangan lupa, agar kamu tidak kebingungan di toko, pilih dulu jenis dan merek earphone yang menjadi incaran kamu lewat media. Perhatikan review dari para penggunanya untuk memudahkanmu menentukan pilihan.