Rawat Kendaraanmu Biar Selalu Siap Action ke Mana Saja!

Thursday, 20 July 2017

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kendaraan ibaratnya adalah 'kaki' untuk kita. Apalagi jika kamu termasuk orang yang memiliki mobilitas tinggi. Kendaraan bagaikan sahabat atau rumah kedua, tempat kamu menghabiskan sebagian besar waktu di perjalanan. Agar aktivitas tak terhambat, kendaraan juga perlu perawatan. Jangan diabaikan saja! Ini dia perawatan wajib untuk mobil, motor, dan vespa, supaya kendaraanmu tetap dalam kondisi prima.

Jika kamu pemilik mobil
Sebagai orang yang memiliki kendaraan roda empat, melakukan perawatan rutin kendaraan adalah hal yang sangat penting. Jika tidak dilakukan secara teratur, mobilmu justru bisa mengalami banyak masalah di kemudian hari dan membuatmu harus mengeluarkan biaya lebih besar. Oleh karena itu pastikan kondisi fisik mobil dan juga mesinnya dirawat dengan baik.

Untuk fisik mobil, usahakan jangan sampai ada lecet atau goresan yang bisa mengurangi estetika. Kendarakan mobil Anda dengan berhati-hati khususnya saat lalu lintas macet dan hendak parkir. Selain itu, mobil juga harus dicuci secara teratur dengan sabun khusus mobil dan lap yang lembut. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama pada kaca dan cat mobil karena bisa menimbulkan jamur.

Sementara untuk bahan bakar, jika memungkinkan, gunakanlah bahan bakar dengan kualitas terbaik. Sebab, bahan bakar yang berkualitas rendah akan memiliki banyak endapan sisa pembakaran dan mengakibatkan mesin menjadi kotor. Jangan lupa perhatikan juga oli mobil dan kondisi air radiator, biasanya orang sering lalai menggantinya. Terakhir, lakukanlah servis berkala untuk kilometer 5000, 10.000 dan seterusnya, agar kondisi mesin dan fisik mobil tetap terpelihara.

Jika kamu pemilik motor
Sama seperti mobil, pemilik motorpun harus melakukan perawatan berkala yang tidak jauh berbeda. Namun yang membedakan adalah waktunya. Jika mobil baru melakukan servis pertamanya di kilometer 5000, maka Motor sudah harus melakukan servis di kilometer 500. Hal ini dilakukan pada motor baru, untuk mengecek apakah ada kesalahan setelah 500km perjalanan.

Jika perjalanan yang ditempuh sudah di atas 2000km, kamu harus melakukan pergantian oli serta penyetelan ulang mesin (tune up). Tune up dilakukan untuk mengetahui apakah ada komponen yang tergores (aus). Pada saat itu debu dan kotoran yang terisap oleh karburator dan mengendap akan dibersihkan juga. Selain perawatan, perhatikan juga cara kamu mengendarai motor. Jangan melakukan tarikan gas secara spontan berulang-ulang hingga menghasilkan suara yang keras, karena akan membuat rantai mesin, katup bahan bakar, kopling, piston dan stang piston cepat aus.

Jika kamu pemilik Vespa matic
Dari segi perawatan mesin, sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan antara merawat Vespa dengan jenis sepeda motor lainnya. Namun kamu perlu memberikan perhatian lebih pada bagian fisik vespa. Pasalnya, hampir seluruh fisik vespa adalah 'body' asli, tidak seperti motor matic lainnya yang fisiknya banyak ditutupi oleh material plastik. Itu sebabnya, untuk perawatan fisik kamu harus merawat body Vespa layaknya merawat body mobil. Artinya kamu harus sering mencuci dan memolesnya secara teratur. Apalagi Vespa biasanya memiliki warna yang eye catching sehingga sangat mudah terlihat jika kotor atau tergores.