Lagu-lagu Religi ini Sangat Populer di Bulan Ramadan

Monday, 27 June 2016

Begitu memasuki bulan Ramadan, pasti telingamu jadi familiar dengan lagu-lagu bertema religi. Nggak heran sih, di radio atau pusat perbelanjaan bisanya mengganti playlist mereka dengan lagu-lagu bernafaskan Islam. Para musisi besar juga berlomba-lomba setiap tahunnya untuk mengeluarkan single atau album religi. Biasanya lagu religi memiliki makna mendalam tentang Tuhan dan kehidupan sehingga dapat menggerakkan hati pendengarnya agar menjadi manusia yang lebih baik. Ini dia playlist lagu religi dari musisi Indonesia yang populer setiap kali bulan Ramadan. Mana yang jadi favoritmu?

Tompi – Ramadhan Datang
Sesuai dengan judulnya, lagu ini menjelaskan bagaimana suasana selama bulan Ramadhan. Suara Azan yang berkumandang, menahan haus dan lapar, bersedakah, mengaji, dan solat tarawih. Suasana yang terbangun selama sebulan ini selalu berkesan sehingga dirindukan oleh semua umat muslim. Lagu ini digarap apik, sentuhan musik ala timur tengah berpadu dengan vokal Tompi yang khas, pasti bikin kamu semakin semangat beribadah.

Opick – Assalamualaikum
Lagu bernada ceria ini sebenarnya berisikan nasihat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam lagunya, Opick seolah mengajak sesama umat Islam untuk tidak melupakan ajaran agama seperti bersedekah, bezikir, dan bertaubat atas segala dosa-dosa. Lirik yang sederhana dan musik yang riang cocok banget untuk menemani momen buka puasa bersama ataupun ketika hari Raya Idul Fitri.

Gigi – Akhirnya
Lagu ini telah dinyanyikan oleh banyak musisi sejak tahun 80-an. Namun untuk generasi sekarang, lagu Akhirnya lebih dikenal setelah dipopulerkan oleh band Gigi. Dengan aransemen musik yang syahdu dan lirik yang menyentuh, lagu ini bisa membuatmu menitikkan air mata. Liriknya berisikan refleksi seorang manusia yang telah banyak melakukan dosa dan lalai dalam hidupnya. Dengan kesungguhan hati, manusia itu berdoa untuk meminta pengampunan Tuhan.

Ungu – Para PencariMu
Lagu ini sempat menjadi  soundtrack dari salah satu sinetron Ramadan yang tayang di stasiun televisi swasta selama beberapa tahun. Dengan aransemen khas band Ungu, lagu ini berbeda dengan kebanyakan lagu religi lainnya. Tanpa memberikan unsur musik melayu ataupun nada-nada yang sendu, Ungu justru menghadirkan nuansa pop rock yang kental. Isi lagu ini adalah tentang seorang manusia yang bertaubat dan merindukan kehadiran Tuhan yang telah lama diabaikannya.

Afgan – PadaMu Ku Bersujud
Penyanyi muda bersuara merdu, Afgan tidak ingin ketinggalan menyanyikan lagu religi versinya sendiri. Dalam lagunya, Afgan menyampaikan bahwa segala kesulitan dan kebahagiaan hidup manusia datangnya dari Allah. Hanya dengan mendekatkan diri kepada Allah, maka hidup kita akan senantiasa dilindungi. Suara Afgam yang lembut dan dalam seolah memberi ‘nyawa’ pada lagu religi yang menyentuh ini.