Cerdik Belanja Online Biar Kamu Nggak Ngerasa Rugi!

Tuesday, 06 December 2016

Bagaimana pengalaman kamu berbelanja online? Sudah jadi hobi? Atau malah belum  pernah sama sekali? Asalkan kita jeli, sebetulnya berbelanja online itu cenderung lebih memanjakan konsumen. Soalnya kita nggak perlu lagi repot keluar rumah untuk berburu barang yang dibutuhkan. Contohnya seperti mudahnya membeli hemaviton Energy Drink dan produk Tempo Scan Pacific lainnya di Tempo Store Blibli.com. Ini trik rahasia agar belanja online jadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan :

Ajak teman untuk beli bareng
Dengan beli barengan, nggak hanya seru bisa memilih barang rame-rame, kamu bisa patungan untuk membayar ongkos kirim. Selain itu kadang kamu bisa dapat diskon lebih besar kalau membeli dalam jumlah besar. Dan siapa tahu ada kekurangan, kamu dan teman-teman bisa sama-sama protes ke pihak penjual.

Pastikan seller terpercaya
Untuk beberapa pusat belanja online ternama, kamu bisa mempercayai akun seller yang memiliki tanda terpercaya seperti logo ‘Trusted Seller atau ‘Recommended Seller. Tapi nama besar sebuah situs belanja online tidak selalu bisa menjamin akun-akun penjual di dalamnya bebas penipuan. Intinya sebelum melakukan transaksi, cermati dulu akun penjualnya. Cara mudah untuk mengecek apakah seller yang kamu minati termasuk terpercaya adalah dengan membaca komentar dan testimoni para pembeli sebelumnya.

Berbelanja hanya pada situs yang aman
Situs yang aman, sudah pasti jadi salah satu syarat utama dalam berbelanja online. Jangan pernah mau bertransaksi mentransfer uang kamu ke pihak yang tidak jelas atas nama belanja online. Hindari juga memberi data pribadi seperti nomor rekening bank sampai detail data kartu kredit kamu (nomor dan CCV) pada situs yang terlihat mencurigakan.

Manfaatkan diskon
Berhubung pusat belanja online di Indonesia sudah mulai menjamur, ada baiknya saat ingin membeli sesuatu kamu bandingkan dulu harganya dari satu situs ke situs lainnya. Di saat seperti ini kamu bisa menemukan harga yang bukan saja lebih murah, tapi juga promo diskon eksklusif yang hanya ada di salah satu situs belanja online. Memang cara ini agak makan waktu sih, tapi begitu ketemu barang diskon, rasanya bagaikan ketemu harta karun!

Pastikan detail sesuai
Pastikan detail barang yang akan kamu beli benar-benar sesuai harapan kamu. Perhatikan seperti apa ukurannya, bahannya, hingga keasliannya. Jika barang yang sampai ternyata agak kurang bagus karena kamu sendiri yang tidak jeli, nanti kamu nggak akan bisa complain ataupun menukarnya kembali, lho.

Waspada harga murah
Promo buy 1 get 1 dan diskon banting harga memang menggiurkan, tapi jangan pernah terburu-buru lanjut ke pembelian tanpa mengecek detail barang! Misalnya kalau kamu hendak membeli barang dalam satu set, pastikan kamu membayar untuk keseluruhannya dan bukan bagian yang terpisah.

Jangan berharap terlalu tinggi
Intinya, kamu harus selalu mengantisipasi kemungkinan di mana barang yang sampai di tanganmu ternyata spesifikasinya tak sekeren yang di foto. Karena nggak pernah tertutup kemungkinan ada penjual yang memang ‘nakal’ dan menampangkan foto barang yang mengecoh. Barang diterima oleh konsumen ternyata tak secantik di foto. So, mending ekspektasi rendah di awal dan puas di akhir daripada malah sebaliknya ya!