Bagian-bagian Daging Sapi dan Cara Mengolahnya Rabu, 09 Agustus 2017

Bagian-bagian Daging Sapi dan Cara Mengolahnya

Daging Sapi merupakan salah satu bahan makanan yang difavoritkan banyak orang. Namun sebenarnya, setiap menu daging sapi yang kamu makan belum tentu berasal dari bagian tubuh sapi yang sama, lho. Sebab, tiap-tiap bagian tubuh daging sapi, punya karakteristik dan cara pengolahan yang berbeda pula. Nah, bagi yang belum familiar, coba kenali bagian-bagian daging sapi berikut ini dan cara mengolahnya agar menu daging buatanmu semakin variatif.

1. Sandung Lamur (Brisket)

Karakteristik daging sapi bagian ini adalah mengandung banyak lemak. Oleh karena itu, daging bagian ini cenderung lembut dan juga tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya.

Sajian yang cocok: soto, rawon, sup

2. Has Luar (Sirloin)

Meskipun masih memiliki lemak, namun lapisan lemak tersebut hanya berada di bagian luar saja.

Sajian yang cocok: steak, daging tumis

3. Has Dalam (Tenderloin)

Bagian daging sapi ini cenderung tidak berlemak. Meskipun begitu, bagian ini lembut dan cepat masak sehingga tidak terlalu sulit saat diolah.

Sajian yang cocok: steak, bistik, semur

4. Gandik

Daging gandik memang terbilang keras dan sulit empuk. Namun bukannya tidak enak dimasak, beberapa resep yang membutuhkan waktu lama untuk memasaknya justru cocok menggunakan jenis daging ini.

Sajian yang cocok: rendang, gulai

5. Tetelan

Daging tetelan adalah sisa daging yang melekat pada tulang sapi. Teksturnya lembut namun juga kenyal.

Sajian yang cocok: kaldu, tumisan, campuran sayur asam.

 6. Sengkel

Daging sengkel mengandung banyak urat. Jika tidak pandai mengolahnya, memang bisa terasa keras, namun jika diolah dengan benar akan terasa lezat.

Sajian yang cocok: soto, empal

7. Kaki Sapi

Meskipun didominasi dengan tulang, namun bagian kaki sapi juga disukai banyak orang. Kaldu yang dibuat dari kaki sapi memiliki rasa yang sangat gurih.

Sajian yang cocok: soto, sup

8. Buntut

Daging buntut memiliki tekstur yang empuk, namun buntut sapi  harganya cukup mahal karena bagian tubuh ini hanya terdapat satu buah saja pada setiap sapi.

Sajian yang cocok: sup, buntut bakar

9. Iga

Bagian daging ini melekat dengan tulang iga sapi dan ketika dimasak tidak dipisahkan dengan dengan tulangnya.

Sajian yang cocok: sup, konro

10. Daging Giling (Cincang)

Daging cincang biasanya terdiri dari berbagai bagian sapi yang berbeda kemudian dicincang sehingga menjadi tekstur yang halus.

Sajian yang cocok: spaghetti, semur, isian lontong

Ternyata ada banyak sekali ya, bagian dari daging sapi dan cara mengolahnya. Kamu hanya tinggal mencari resepnya di internet dan ciptakan resep kreasi daging sapimu. Namun perlu diingat, bagian-bagian tertentu dari daging sapi juga mengandung banyak lemak, sehingga kamu harus membatasi konsumsinya agar tidak terlalu berlebihan. Sebelum atau setelah makan, jangan lupa minum hemaviton Cardio. Hemaviton Cardio adalah teman baikmu di saat menikmati berbagai makanan enak tanpa takut ancaman kolesterol. Phytosterol yang terkandung didalam hemaviton Cardio merupakan bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan berfungsi memblok kolesterol yang masukke tubuh melalui makanan agar tidak masuk ke dalam darah. Mengonsumsi hemaviton Cardio secara teratur tidak hanya membantu menurunkan kolesterol tetapi juga mencegah kolesterol masuk ke dalam darah.

Related Story

Other Article