Bagaimana Cara Memilih dan Merawat Batu Akik yang Bagus?

Thursday, 12 January 2017

Perhatikan warna
Jika kamu mencari batu akik, sebaiknya pilihlah batu akik degan warna yang kuat. Semakin kuat warnanya maka semakin bagus kualitasnya. Warna yang kuat bukan berarti harus warna cerah - kamu bisa saja memilih warna gelap atau warna yang lebih lembut - namun perhatikan ketajaman warnanya ya!

Perhatikan kejernihan batu
Pastikan batu akik pilihanmu jernih, mengkilap, dan tembus cahaya. Untuk mengetesnya, bawalah senter ke tempat pembelian batu akik. Tempelkan ke batu dan lihat apakah batu bisa tembus cahaya atau tidak. Namun lihat juga pola (serat) alami di dalam batu. Jika batu terlalu ‘bersih’ atau mulus, maka kamu patut curiga.

Perhatikan potongan
Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jenis batu akik yang kamu incar. Sebab, beberapa jenis batu akik sudah memili standar potongan masing-masing. Misalnya bacan yang dikenal denhan potongan berbentuk oval cabochon. Nah, batu-batu dengan jenis berbeda juga memiliki potongan yang khas. Pilihlah batu yang memiliki potongan sesuai dengan seleramu.

Ukur berat dan kekerasan batu
Semakin berat batu akik, maka kualitasnya semakin baik. Oleh karena itu jangan lupa menimbang batu akik sebelum membelinya. Akan tetapi, masing2-masing jenis batu tidak selalu bisa dibandingkan. Seperti batu bacan misalnya, memang lebih berat dibandingkan jenis-jenis batu yang lain karena memiliki kandungan ferium. Selain berat, perhatikan juga tingkat kekerasan batu. Jika kualitasnya baik, maka batu tersebut akan terasa keras dan kokoh. Sementara yang berkualitas buruk lebih rapuh.

Sertifikat resmi
Seperti juga membeli batu mulia, batu akik yang berkualitas baik juga biasanya disertai dengan sertifikat resmi yang mencantumkan jenis, berat, dan detail lainnya pada batu. Sertifikat ini bisa meningkatkan harga batu kamu jika dijual nanti. Jadi usahakan membeli batu akik yang bersertifikat ya.

Bawa ahlinya
Masih pemula dalam dunia batu akik? Wajar kok. Kalau kamu termasuk baru dan takut salah pilih, lebih baik ajak ahli batu akik saat hendak membelinya. Kamu juga bisa meminta pendapat orang terdekatmu yang sudah lebih dulu mengoleksi batu akik. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan tertipu.