Traveling ke Jepang? Jangan Lupa Dengarkan Musisi ini!

Friday, 11 November 2016

Negeri Sakura nggak cuma menarik untuk dijelajahi, tapi juga menjadi tuan rumah buat musisi-musisi hebat yang siap bikin kamu eargasm! Nah, sembari mengeksplor sudut-sudut Jepang, jangan lupa nikmati juga musik Jepang yang unik dan kaya rasa. Sebelum pergi ke luar, isi penuh baterai gadget kamu  dan isi memorinya dengan musik-musik Jepang favorit kamu! Kalau belum begitu kenal dengan musik Jepang, salah satu dari rekomendasi ini bisa membuatmu ketagihan :

Tokyo Jihen (alias Tokyo Incidents)
Shiina Ringo yang jadi pendiri band multi-genre ini awalnya memulai karier sebagai penyanyi solo. Setelah mengeluarkan album solonya yang ketiga, Shiina pun berkonser dengan nama baru sebagai band Tokyo Jihen. Band ini menampilkan keunikan musik fusion antara unsur rock yang cukup cadas dan jazz yang penuh melodi, serta ditambah unsur-unsur dari banyak genre lainnya seperti latin, pop, bahkan ada yang mengangkat unsur musik tradisional Jepang juga. Kamu harus dengar band ini karena permainan musiknya yang sangat menakjubkan, bisa dengan dinamisnya melompat dari satu gaya musik ke gaya lainnya dengan sangat smooth. Permainan piano jazz dipadu dengan petikan bass lincah , ritme drum yang sangat energik, serta suara distorsi gitar yang nge-rock dari Tokyo Jihen tentu pas banget kamu dengarkan saat berpetualang keliling kota-kota besar Jepang.
Rekomendasi lagu : Killer Tune, Sounan, Atarashii Bunmei Kaika

toe
Musik instrumental dari toe sering dikategorikan sebagai band math rock, tetapi musiknya bisa juga disebut post-rock, alternative indie rock, atau bahkan jazz fusion. Permainan musiknya berpusat pada melodi gitar yang rapi dan clean. Banyak yang suka toe karena aransemennya yang cenderung liar dengan bass line serta tabuhan drum-nya yang bukan hanya kompleks, tapi juga kreatif dan inovatif. Coba deh dengarkan toe kalau kamu lagi bosan di atas Shinkansen, kamu bakal lebih mudah mengapresiasi etos kerja orang Jepang yang eksak dan inovatif.
Rekomendasi lagu : Boyo, Long Tomorrow

Utada Hikaru
Agak kebangetan kalau kamu nggak pernah dengar nama penyanyi dan penulis lagu yang satu ini. Pasalnya, Utada adalah salah satu dari vokalis pop Jepang paling terkenal di dunia internasional. Utada Hikaru punya sejarah karier yang cukup panjang dan dimulai sejak ia masih berusia belasan tahun. Beberapa lagunya dipakai sebagai musik latar untuk berbagai dorama, film anime dan game Jepang seperti Hana Yori Dango, Kingdom Hearts II dan yang masih disukai orang hingga sekarang. Utada Hikaru yang besar di New York juga punya beberapa lagu dalam versi Bahasa Inggris, jadi kamu bisa belajar bahasa Jepang sedikit-sedikit dengan membandingkan lirik versi Jepang dan versi Bahasa Inggrisnya.
Rekomendasi lagu : First Love, Beautiful World/Kiss & Cry, Flavor of Life

Ryuichi Sakamoto
Membahas musik Jepang, nggak boleh ketinggalan nih menyebut nama sang komposer legendaris, Ryuichi Sakamoto. Lelaki 64 tahun ini punya karya-karya yang bisa menemani kita melamun di hari hujan. Gubahannya juga sering dijadikan musik latar film berkelas seperti The Revenant, High Heels, Babel, bahkan sampai menyabet penghargaan Grammy serta Oscar sebagai Best Original Music Score dalam film The Last Emperor. Pokoknya pas banget deh berkeliling menikmati keindahan Jepang sambil memutar musik reflektif dari Ryuichi Sakamoto. Rasanya kayak hidup dalam film.

Rekomendasi lagu : Merry Christmas Mr. Lawrence, Energy Flow