Tips Berpetualang di Alam Liar Saat Cuaca Tidak Menentu

Tuesday, 03 March 2015

Hiking in the rain? Mungkin ini bukan menjadi pilihanmu. Tapi, jika kamu berlibur pada cuaca yang tidak menentu perlu adanya persiapan khusus untuk menghadapi hujan datang di tengah perjalanan liburan. Below are tips you will need.

Memilih area pendakian dengan bijak
Di saat musim yang tidak menentu, jangan mencoba untuk mendaki area yang sangat berisiko ya. Pilih saja area yang jauh dari sungai dan mudah untuk dijangkau walaupun saat musim hujan. Memilih area pendakian yang dekat dengan sungai akan sangat berbahaya jika sungai tiba-tiba meluap. Jadi, pastikan area pendakian yang kamu pilih tidak memiliki risiko yang tinggi serta banyak terdapat pos keamanan.

Persiapan yang diperlukan
Jika kamu ingin bersiap menghadapi hujan, hindari memakai jaket dari material cotton karena akan membuatmu semakin kedinginan saat hujan tiba. Lebih baik, look for synthetic seperti fleece atau wool yang akan membuatmu tetap hangat. Jangan lupa untuk mempersiapkan wind jacket and pants untuk membuatmu tetap kering dan melindungi dari lumpur. Hati-hati ya, always watch your steps.

Hiking setelah hujan
Jika memilih mendaki setelah hujan reda, maka kamu harus berhati-hati pada langkah. Tanah yang terlihat normal bisa saja anjlok dan membuatmu terjebak di antara lumpur. Bawalah sebuah tongkat untuk memastikan langkah yang akan kamu pijak aman. Bawa juga pisau dan tali untuk berjaga-jaga bila ada pohon tumbang yang menghalangi jalan. Pastikan kamu membawa cukup persediaan air, karena bisa saja sumber air dekat pendakian penuh lumpur.

Petualangan kamu kali ini akan menjadi salah satu yang tidak terlupakan. Pastikan juga daya tahan tubuhmu kuat untuk menghadapi musim yang buruk ya. Konsumsi makanan sehat yang cukup untuk memberi tenaga pada tubuhmu untuk mendaki, serta konsumsi multivitamin yang akan meningkatkan daya tahan tubuhmu. Jangan biarkan cuaca menyurutkan semangatmu ya. Be safe on your journey! (kln/ay)