Makanan Khas Makasar yang Wajib Kamu Coba

Friday, 02 September 2016

Makanan khas nusantara memang tak pernah bosan untuk dinikmati. Setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda cita rasanya namun tak diragukan kelezatannya. Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, termasuk salah satu daerah yang memiliki berbagai makanan lezat. Nggak percaya? Buktikan saja dengan mencoba saja 5 makanan khas Makassar ini!

Sup Konro
Pada dasarnya, konro adalah sup iga sapi yang dimasak dengan bumbu dan rempah khas Makassar. Kuahnya berwarna cokelat tua dengan rasa yang gurih. Namun kemudian, muncul juga inovasi berupa konro bakar, dimana iga sapi  dibakar hingga kering dengan bumbu yang meresap, sementara kuahnya disajikan di mangkuk terpisah. Rasanya nggak kalah lezat, pilih saja jenis konro yang lebih kamu sukai.

Coto Makassar
Hidangan sup daging sapi ini memang memiliki rasa yang lezat dan jadi salah satu kuliner favorit di Makassar. Namun uniknya, kuah berwarna cokelat keruh yang dimilikinya bukan berasal dari santan, melainkan air cucian beras putih dan kacang yang yang telah dihaluskan.

Sop Saudara
Dilihat dari isinya, sop saudara memiliki kemiripan dengan soto padang. Mulai dari daging sapi, bihun, dan perkedel kentang. Bedanya, sop saudara memiliki kuah berwarna kecoklatan, bukan kuah bening. Uniknya lagi, meski berbahan dasar daging sapi, tapi ternyata sop saudara lazim dinikmati bersama ikan bandeng juga. Penasaran ya?

Barobbo
Sepintas, barobbo terlihat seperti bubur Manado. Barobbo adalah bubur yang terbuat dari bahan dasar jagung lalu dicampur dengan sayur bayam, kangkung, lalu diberi taburan ayam. Makanan ini sangat cocok untuk menjadi menu sarapan pagi. Jangan lupa menambahkan perkedel jagung agar lebih nikmat lagi saat menyantapnya!

Barongko
Bentuknya memang menyerupai lontong atau arem-arem, tetapi siapa sangka rasanya merupakan percampuran manis dan gurih yang berasal dari bahan baku pisang. Pisang yang sudah dihaluskan, dicampurkan sejumlah bahan, dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus hingga matang. Rasanya sungguh lezat, apalagi jika kamu menikmatinya dalam keadaan dingin!

Lawar
Makanan ini merupakan ‘salad’ versi Makassar. Isinya adalah lawi-lawi atau alga laut, yang dicampur dengan irisan mangga muda dan parutan kelapa. Cara terbaik menyantapnya adalah memakannya dengan tangan sambil diremas hingga santan kelapanya keluar. Lalu tambahkan ikan asin untuk mendapatkan sensasi rasa, gurih, asin, sekaligus asam dalam satu panganan.

Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya? Jika belum, nggak ada salahnya memperkaya wawasan kuliner nusantaramu dengan mencoba berbagai menu di atas. Rasanya dijamin tidak mengecewakan. Biar kamu bisa makan dengan tenang dan terhindar dari kolesterol, sebaiknya konsumsi juga hemaviton Cardio 3 kali sehari untuk menghambat penumpukan kolesterol dalam darah.