Ini Kuliner Khas Medan, Mana yang Jadi Favoritmu?

Wednesday, 30 August 2017

Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan kulinernya adalah kota Medan. Jika kamu punya rencana berkunjung ke sana, jangan sampai melewatkan kesempatan Wisata Kuliner untuk mencicipi menu-menu berikut ini!

Lontong Medan

Menu satu ini cukup populer dijadikan menu sarapan paginya warga Kota Medan. Meskipun terlihat serupa dengan lontong sayur pada umumnya, nyatanya lontong medan punya cita rasa yang cukup unik dibanding lontong sayur di Jakarta ataupun Padang. Kuah sayurnyanya terdiri dari campuran sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur, dan tak lupa kerupuk merah putih. Beberapa ada yang menambahkan telur dan perkedel. Jika kamu sarapan dengan seporsi lontong medan, dijamin banget bakal kenyang sampai siang.

Bihun Bebek

Makanan khas Medan ini menyajikan bihun yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji sehingga menciptakan tekstur yang kenyal. Keistimewaan dari bihun yang satu ini tentu saja terletak pada taburan di atasnya dan juga kaldu yang terbuat dari bebek. Meskipun demikian, bihun bebek tidak terlalu berminyak ataupun amis, justru aromanya sangat sedap dan menggugah selera! Nikmati juga dengan sambal khasnya yang memiliki rasa pedas asam, biar makin nikmat!

Soto Udang

Sekilas, tak ada yang berbeda antara soto udang dengan soto berkuah santan lainnya. Tetapi komposisi isinya justru tak biasa. Selain udang, isi lainnya adalah daging ayam. Pengolahannya pun sangat istimewa. Setelah ayam direbus, kemudian dibakar kembali sehingga rasanya lebih gurih. Pas banget deh dengan udang segar dan kuah kaldu yang yummy!

Mie Sop Medan

Tampilannya memang menyerupai soto, tetapi ketika dicoba, kuah dari mie sop medan memiliki rasa yang lebih light dari kebanyakan soto pada umumnya. Mungkin karena itu pula makanan ini disebut sebagai sop, bukannya soto. Isiannya adalah campuran mie kuning dan bihun (beberapa yang lain juga menawarkan kwetiau sebagai pilihannya), irisan ayam rebus, dan kol. Agar lebih nikmat, mie sop medan juga cocok disantap dengan sate kerang atau sate telur puyuh. Makanan ini mudah ditemukan di warung kaki lima di Kota Medan dan pas banget dinikmati saat hari hujan.

Ikan Arsik

Arsik adalah makanan berbahan utama ikan mas yang sisiknya yang tidak dibuang. Untuk memasak arsik, bumbu-bumbu rempah dihaluskan dan dilumuri ke seluruh permukaan ikan hingga meresap. Setelahnya ikan tersebut dimasak dengan menggunakan minyak dan api kecil hingga mengering. Rempah yang digunakan juga bukan rempah sembarangan. Makanan dengan rasa asin, asam, dan pedas ini menggunakan cikala (buah dari kecombrang)dan andaliman. Cikala dan jeruk nipis digunakan untuk memberi rasa asam serta aroma harum. Sedangkan andaliman atau merica batak, bisa menciptakan rasa pedas yang menggigit. Makanan ini bisa kamu temui di berbagai restoran besar khas Kota Medan.

Sop Sumsum Kaki Sapi

Sup kaki sapi khas Kota Medan sangatlah istimewa. Sebab, bukan saja kamu bisa menikmati sumsum sapi dengan cara yang unik. Sumsum yang berada di dalam rongga tulang kaki sapi bisa kamu seruput dengan menggunakan sedotan. Belum lagi kuah supnya yang gurih. Perpaduan yang nikmat banget ya? Salah satu rumah makan yang menjual menu ini adalah Rumah Makan Sipirok.

Membaca ulasan Kuliner khas Medan di atas saja, sudah bisa membangkitkan selera makan. Apalagi jika kamu berkesempatan mengunjungi kota satu ini, wajib banget berwisata kuliner untuk mencoba sendiri kelezatan makanannya. Kalau sudah begitu, kamu juga tidak boleh lupa menjaga kadar kolesterol agar tidak meningkat secara tajam.

Biar wisata kuliner di Medan lebih aman, minum saja hemaviton Cardio yang membuatmu terhindar dari ancaman bahaya kolesterol. Phytosterol yang terkandung didalam hemaviton Cardio merupakan bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan berfungsi memblok kolesterol yang masuk ke tubuh melalui makanan agar tidak masuk ke dalam darah. Mengonsumsi hemaviton Cardio secara teratur tidak hanya membantu menurunkan kolesterol tetapi juga mencegah kolesterol masuk ke dalam darah. hemaviton Cardio, sahabat baik untuk si pecinta kuliner!