Escape Trip Sambil Jadi Sukarelawan

Monday, 07 December 2015

Akhir pekan tiba, saatnya menikmati waktu bebas. Ingin rasanya pergi ke tempat yang jauh untuk melepas penat. Istilah kerennya : "escape trip". Ingin coba suasana baru saat liburan? Kenapa nggak coba jadi sukarelawan saja? Menjadi sukarelawan bisa menambah teman dan pengalaman baru yang menyenangkan. Dijamin liburanmu akan jadi lain dari biasanya, lebih bermakna karena berguna bagi orang lain. Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, kadang kota sekitar tempat tinggal pun belum seluruhnya dieksplor. Menjadi sukarelawan akan memberikan kamu kesempatan melihat sisi lain kota yang selama ini terabaikan.

Cari komunitas atau organisasi relawan
Komunitas atau organisasi yang membutuhkan sukarelawan ada banyak sekali. Selain memilih berdasarkan minat, kamu juga harus memilih kegiatan sesuai kemampuanmu secara realistis. Jika kamu suka mengajar anak-anak jalanan di kota besar, coba bergabung di Save Street Child atau Sahabat Anak. Kamu juga bisa coba bergabung dengan Habitat for Humanity yang membangun rumah layak tinggal untuk penduduk pedesaan Indonesia.

Ikut kegiatan jangka pendek
Jika kamu merasa sulit meluangkan waktu lebih dari 1-3 hari, carilah kegiatan sukarela jangka pendek yang sifatnya one-off event alias sewaktu-waktu. Ada banyak acara nonprofit di mana kamu bisa membantu bidang dekorasi, menerima tamu, atau jadi event manager. Ingin mendaftar? Mudah saja kok, kamu bisa mendaftar online sebagai relawan di situs seperti Indorelawan.org atau Act.id. Jika punya waktu dan tenaga, tentu tak ada alasan menunda perbuatan baikmu kan? Selagi bisa, yuk mulai lakukan sesuatu untuk membuat perbedaan di dunia ini!

Foto: Shutterstock