Ternyata Orang Dewasa Masih Perlu 6 Vaksin Ini

Friday, 26 August 2016

Masih ingat saat kamu menerima vaksin di sekolah dasar dulu? Ya, vaksin memang identik sebagai cara pencegahan penyakit untuk bayi dan anak-anak. Padahal, persepsi tersebut sebenarnya salah. Orang dewasa pun ternyata masih membutuhkan vaksin untuk mencegah penyakit. Coba ketahui jenis-jenis vaksin apa saja yang perlu berikan pada orang dewasa lewat penjelasan di bawah ini!

Vaksin Influenza
Meskipun flu sering dianggap penyakit ringan, namun sebenarnya penyakit ini cukup mengganggu. Pasalnya, saat seseorang terkena flu, sistem imunnya akan menurun. Lalu ketika sistem imun sedang menurun, tubuh sangat mudah trejangkit virus dan kuman penyakit lainnya. Sifat virus influenza juga sangat cepat bermutasi, oleh karena itu vaksin influenza harus selalu diperbarui. Idealnya, vaksin ini diberikan setiap sebulan sekali, khususnya pada orang-orang yang memiliki gangguan kekebalan tubuh dan wanita hamil.

Vaksin Tifoid
Deman tifoid atau lebih dikenal dengan tifus, adalah penyakit yang cukup sering diderita banyak orang. Penyakit ini umumnya terjadi pada orang-orang dengan aktivitas tinggi yang terlalu lelah, memiliki gaya hidup tidak teratur, dan memakan makanan yang kurang bersih. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella typhi dan dapat mengakibatkan gangguan pada organ tubuh. Penderita akan merasa lemas, pusing, hingga mual. Itu sebabnya vaksin tifoid termasuk salah satu vaksin yang perlu diberikan pada orang dewasa.

Vaksin Meningokokus
Vaksin meningokus diberikan untuk melindungi tubuh dari paparan bakteri Neisseria meningitidis sehingga terhindar dari risiko penyakit meningitis. Vaksin meningokokus umumnya diberikan pada orang-orang yang akan berangkat haji karena di Arab Saudi kejadian infeksi neisseria meningitidis cukup tinggi.

Vaksin Hepatitis A & B
Penyakit hepatitis A & B adalah penyakit yang menyebabkan gangguan fungsi hati. Jika dibiarkan bisa menjadi akut dan bahkan bisa menyebabkan kanker hati. Seram sekali ya? Itu sebabnya vaksin ini termasuk penting divberikan pada orang dewasa.  Apalagi, Indonesia sendiri termasuk daerah endemik hepatitis A.

Vaksin Varicella
Tidak pernah terkena cacar air saat anak-anak? Jangan senang dulu. Justru tandanya kamu harus lebih berhati-hati. Sebab, virus Varicella memiliki dampak yang lebih berat pada orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak. Jika kamu termasuk orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air, maka ada baiknya kamu menerima vaksi Varicella tersebut.

Vaksin HPV
HPV atau human papilloma virus adalah virus yang ditularkan lewat hubungan seksual. Infeksi virus ini dapat menyebabkan kanker serviks (wanita) dan kondiloma akuminata. Oleh karena itu virus ini perlu diberikan kepada pria dan wanita sebelum mereka aktif secara seksual. Itu sebabnya, banyak calon pengantin yang menerima vaksin ini sebelum melangsungkan pernikahan.

Selain melakukan vaksinasi untuk mencegah berbagai penyakit, pastikan juga daya tahan tubuhmu terjaga dengan pola hidup yang sehat. Makan makanan bergizi, berolahraga, dan tambahkan juga minuman kesehatan hemaviton C1000. Setiap botol hemaviton C1000 mengandung 1000mg vitamin C yang memegang peranan penting untuk memelihara daya tahan tubuh dari serangan kuman, virus, serta radikal bebas sehingga membuatmu tidak mudah jatuh sakit. Sementara kandungan Zinc dan Vitamin E adalah antioksidan yang untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Vitamin B3, B6, dan B12 untuk memulihkan metabolisme tubuh agar tidak mudah lelah. Stay healthy, guys!