Ternyata Kulitmu Butuh 2 Nutrisi ini agar Cantik dan Sehat!

Monday, 29 February 2016

Kamu ingin kulit kencang, cantik, serta sehat? Ini artinya kamu perlu lebih merawat kulit dan menjaga asupan nutrisimu. Kalau tidak, bisa saja kamu bakal semakin jauh dari kulit idaman. Pasalnya, banyak sekali hal-hal di sekitar kita dapat mempercepat kerusakan kulit. Seperti paparan matahari, polusi, asap rokok, sampai junk food. Untuk melawannya, tentu kamu perlu nutrisi yang tepat. Apa saja? Ini dia dua nutrisi yang kamu butuhkan :

1. Collagen
Sebagai salah satu jenis protein yang paling penting, Collagen berfungsi memberi struktur pada kulit, tulang, pembuluh darah, dan jaringan perekat dalam tubuh. Benang-benang Collagen menyusun jejaring yang sangat kuat, bahkan lebih kuat dari baja! Kuatnya topangan jejaring Collagen ini adalah kunci yang di balik kulit yang kencang dan kenyal. Faktanya, Collagen adalah nutrisi utama yang menyumbang 70% dari lapisan dermis kulit. Jika kita kekurangan Collagen, maka epidermis dan lapisan keratin akan hancur dan terkulai. Kondisi ini membuat kulit kita kendur dan keriput. Sudah terbayang kan, betapa pentingnya Collagen untuk kulit kita?

2. Vitamin C
Vitamin C jarang dianggap sebagai nutrisi yang penting untuk sehatnya kulit. Justru sebaliknya, ternyata vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kulit. Di antaranya :
a.    Vitamin C dibutuhkan dalam proses alami terbentuknya Collagen, juga dapat membantu mengoptimalkan kerja Collagen di dalam kulit.
b.    Vitamin C juga banyak dipakai sebagai pencerah kulit karena dapat berfungsi sebagai penghambat pigmentasi.
c.    Sebagai pelindung kulit dari sinar matahari baik UV-A maupun UV-B. Vitamin C juga dapat mengurangi pembentukan sunburn cell alias sel yang terbakar matahari.
d.    Secara aktif vitamin C sebagai antioksidan ampuh melindungi kulit dari pengaruh buruk  radikal bebas.
e.    Vitamin C pun telah terbukti dapat mengurangi pembengkakan, sehingga bisa dipakai untuk meredakan jerawat dan kemerahan pada kulit.
Inilah beberapa alasan saat seorang dokter kulit menganjurkan kamu menggunakan vitamin C. Agar kulit sehat, ayo jaga asupan vitamin C secara teratur.  Lagipula, vitamin C juga penting lho untuk menguatkan daya tahan tubuh kita.

Sumber :
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3673383/
http://www.medicalnewstoday.com/articles/262881.php

Foto: Shutterstock