Olahan Nasi Mancanegara yang Nggak Bikin Kamu Bosen Sabtu, 30 Desember 2017

Olahan Nasi Mancanegara yang Nggak Bikin Kamu Bosen

Bosen dengan olahan nasi yang itu-itu saja? Hal ini wajar mengingat makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. Saking eratnya hubungan nasi dengan budaya makan masyarakat kita, sampai-sampai ada ungkapan “Belum makan namanya kalau belum makan nasi” atau “Nggak nendang rasanya kalo belum makan nasi”. 

But, don’t worry! Ternyata yang namanya olahan nasi gak melulu berupa nasi putih, nasi uduk atau nasi goreng.  Kamu bisa coba menu olahan nasi dari berbagai negara yang pastinya nikmat untuk dinikmati bersama orang-orang kesayangan, apa saja ya?

#1 Nasi Udang Saus Pesto

Untuk memasak hidangan nasi yang satu ini tidak sulit kok. Cara memasaknya sama dengan memasak nasi goreng, hanya saja bumbu inti nasi gorengnya diganti dengan saus pesto yang berasal dari Italia. But don’t worry, kamu tidak perlu jauh-jauh melancong ke Italia hanya untuk membeli saus pesto, karena berbagai swalayan besar juga sudah banyak yang menjualnya kok.

Kunci mengolah resep ini terletak pada pemberian saus pesto sesuai selera. Terdapat rasa mint, bawang, dan almond yang menciptakan aroma yang menggugah. Tambahkan udang goreng mentega yang bikin hidangan ini tambah nikmat.

#2 Bubur Ayam Hongkong

Menu yang satu ini sudah jadi favorit masyarakat Indonesia, terutama di waktu sarapan pagi. Bubur yang sehalus sutera ini beda dengan bubur ayam biasa karena lebih banyak topping dan juga bumbunya!

Bahan-bahan:

800ml air

2 sdm kaldu ayam bubuk

350g nasi putih

Lada putih secukupnya

1 ½ sdm kecap asin

1 sdt minyak wijen panggang

40g jahe segar, kupas dan potong tipis

20g acar, cincang atau parut

3 sdm abon ayam

2 daun bawang, iris tipis

2 sdm bawang merah goreng

½ cabai merah, iris tipis

Cara Buat:

Didihkan air, kemudian masukan nasi atau beras, tambahkan kaldu ayam. Masak dengan api kecil hingga sedang selama 20 - 30 menit sambil sering diaduk. Tambahkan lada dan garam secukupnya. Kemudian, tambahkan topping sesuai selera kamu.

 

#3 Nasi Sup Ayam Mary Jo

Hal yang membuat menu ini istimewa adalah kaldu ayam yang digunakan untuk menanak nasi. Santaplah dengan sup dari olahan bawang, wortel, kaldu ayam, kanji, garam, dan lada hitam. Pasti berhasil memanjakan lidahmu saat tidak selera makan dengan nasi putih. Dicoba ya!

 

#4 Puding Nasi

Resep yang satu ini datangnya dari Inggris. Hidangan penutup ini bisa Anda coba buat sendiri Selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun  biasanya tersedia di dapur. Ini dia cara buatnya.

Bahan-bahan:

350 gr nasi putih

350 gr susu putih

75 gr gula putih

1 sdm butter

100 gr kismis

½ sdt vanilla extract

1 lemon, kulitnya saja diparut

1 stik kayumanis

Cara membuat:

Pertama-tama, campurkan nasi, susu, gula, butter, vanilla, dan kayumanis. Masak semua bahan tersebut selama 25 menit, hingga semua cairannya sudah teresap oleh nasi! Tambahkan kulit lemon dan kismis, aduk rata. Puding nasi pun siap dihidangkan di kala kedinginan saat musim hujan.

#5 Perkedel Nasi

Meskipun hidangan ini berasal dari India, tetapi cocok banget di lidah masyarakat indonesia. Makanan yang disebut juga sebagai bakwan nasi satu ini pas banget dibuat jika kamu punya nasi sisa yang kondisinya masih OK (belum basi).  Daripada dibuang, coba deh olah resep berikut ini.

Bahan-bahan:

150gr nasi

1 bawang cincang halus

1 cabai hijau, cincang

1 inci jahe, cincang halus atau diparut

¼ cangkir cincang daun ketumbar

½ sdt jintan bubuk

½ sdt ketumbar bubuk

¼ sdt bubuk kunyit

5 sdm tepung maizena

5-6 sdm air atau sesuai kebutuhan

garam secukupnya

minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Haluskan nasi dengan cobek atau sendok. Campurkan semua bahan ke dalam adonan nasi dan aduk hingga rata. Diamkan selama 10 menit agar bumbu-bumbunya meresap ke nasi. Bentuk nasi, kemudian goreng adonan dalam minyak panas hingga kecoklatan lalu tiriskan. 

No Related Story

Other Article