Minuman Manis yang Asyik Dikonsumsi Saat Hujan

Monday, 10 October 2016

Saat hujan sedang deras-derasnya dan hawa dingin terasa sampai ke tulang, secangkir teh manis panas bisa terasa sangat istimewa. Begitu mengalir di tenggorokan, tubuh pun terasa lebih hangat. Hm, nikmat sekali! Selain teh, ada juga minuman manis lain yang nikmat diminum saat cuaca mendung atau hujan. Seperti misalnya 6 pilihan minuman yang harus kamu coba berikut ini :

Green Tea Latte
Rasa green tea memang jadi salah satu rasa yang paling hip beberapa tahun belakangan ini. Green tea latte hangat pun jadi idola. Minuman ini nggak cuma bisa diminum di café dengan harga selangit, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah! Siapkan saja  green tea bubuk dan susu kental manis putih. Kamu tinggal mencampurnya menjadi homemade green tea latte yang tak kalah nikmat dengan latte yajng dijual di kafe.

Wedang Jahe
Bukan kebetulan jika jahe sering ditemui pada resep jamu herbal nusantara. Pedasnya jahe diakui ampuh mengusir beragam penyakit mulai dari masuk angin, batuk pilek, hingga sakit tenggorokan. Tradisi Jawa pun mewariskan resep wedang jahe yang cocok untuk menghangatkan tubuh kamu. Cara membuatnya mudah. Cukup rebus jahe, daun pandan, sereh, dan garam serta gula merah. Sebelum diminum, saring dulu air rebusannya. Nah kalau kamu mau minum STMJ alias Susu Telur Madu Jahe, kamu tinggal tambahkan susu dan sebutir telur ayam kampung setengah matang ke resep tadi.

Bandrek
Minuman ini kaya akan rempah-rempah nusantara dan rasanya lebih pedas dari wedang jahe. Bayangkan saja, resep dasarnya saja menggunakan beragam bahan antara lain jahe, gula aren, kayu manis, cengkeh, dan daun pandan. Banyak juga yang menambahkan kapulaga, merica, sereh, hingga kolang kaling dan serutan kelapa. Hasilnya? Minuman hangat unik dengan rasa pedas manis.

Bajigur
Salah satu minuman favorit orang Sunda ini biasa kita temui di angkringan dan dijual bersama bandrek. Bedanya, bajigur berbahan dasar lebih sederhana. Yaitu perpaduan santan, gula merah, dan kopi hitam ditambahkan daun pandan. Karena mengandung kopi, bajigur cocok menemanimu lembur di malam hari ketika hujan.

Cokelat Panas
Buat kamu yang tak terlalu suka aroma rempah, cokelat panas bisa jadi pilihan. Cara membuatnya, campurkan lelehan 170g coklat batangan atau beberapa sendok makan bubuk kakao dengan 1 liter susu. Agar lebih asyik, tambahkan kayumanis atau sedikit esens vanilla untuk menambah aromanya. Jika suka rasa yang lebih kental dan legit, kamu bisa juga hidangkan dengan marshmallow.

Sarabba
Sarabba adalah minuman khas dari Makassar yang pas untuk menghangatkan badan di kala hujan. Umumnya sarabba dibuat dari kuning telur ayam atau bebek, jahe, gula aren, santan, dan merica bubuk. Ada juga yang menambahkan kayu manis dan sereh sesuai selera. Karena mengandung telur, sarabba juga dikenal orang Bugis sebagai minuman andalan penambah tenaga.

Dengan ditemani minuman ini, hari hujan tak lagi terasa gloomy! Jangan lupa juga minum sebutir kapsul hemaviton GluCare sebelum minum yang manis-manis agar kadar gula darahmu tetap stabil dan terhindar dari risiko diabetes. Semoga bermanfaat!