Manfaat Antioksidan yang Perlu Kamu Tahu

Friday, 13 October 2017

Sering mendengar kata 'antioksidan' dan 'radikal bebas', nggak lantas menjamin kita betul-betul mengerti apa arti kedua kata tersebut. Secara umum, tubuh kita secara alami menghasilkan antioksidan dan radikal bebas untuk keseimbangan metabolisme. Di dalam tubuh, terjadi proses pembakaran (oksidasi), di mana molekul oksigen bergerak bebas menimbulkan kerusakan dalam saluran tubuh. Kerusakan ini menyisakan molekul radikal bebas yang bisa sangat banyak. Nah, untuk mengimbanginya, hadirlah zat-zat penghambat proses oksidasi ini yang disebut antioksidan.

Idealnya, jumlah antioksidan dalam tubuh bisa mengimbangi radikal bebas. Namun jika asupan kita kurang bergizi dan tubuh kita terlalu banyak terpapar zat racun serta polutan, hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah. Nah, berikut ini manfaat antioksidan untuk mencegah masalah-masalah tersebut :

Mencegah kanker
Jika proses oksidasi tidak dihambat oleh agen antioksidan, radikal bebas bisa menjadi berlebihan dan menyebabkan kerusakan pada sel. Sel yang tidak normal ini bahkan bisa bermutasi, menjadi bibit sel kanker yang kalau dibiarkan bisa bertumbuh menjadi kanker yang berbahaya.

Mencegah berbagai penyakit
Antioksidan dapat melindungi tubuh dari ancaman penyakit dari jantung koroner, asma, alergi, hingga osteoporosis. Ini karena radikal bebas, erat kaitannya dengan penyakit-penyakit yang merusak bagian tubuh dari dalam.

Mencegah penuaan dini
Radikal bebas di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Sel yang seharusnya bisa beregenerasi dengan alami, diserang oleh radikal bebas, dan makin cepat berubah menjadi sel mati. Ujungnya, terjadilah apa yang disebut penuaan dini. Kulit menjadi keriput, kusam, timbul flek hitam, dan kendur sebelum waktunya. Antioksidan sangat diperlukan untuk mencegah hal-hal ini.

Menjaga Daya Tahan Tubuh
Molekul radikal bebas yang tak terkendali dapat merusak kekebalan tubuh. Dan vitamin C adalah salah satu jenis antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas yang menyerang kekebalan tubuh. Oleh karena itu seringkali kita dianjurkan untuk minum vitamin serta buah dan sayur yang kaya vitamin C jika merasa akan jatuh sakit. Dapatkan manfaat vitamin C secara praktis dalam hemaviton C1000 yang bisa kamu minum setiap hari!