Kreasi Makan Jeruk

Tuesday, 18 October 2016

Berbahagialah jika kamu suka makan jeruk! Soalnya ibarat paket hemat, hanya dengan makan buah ini kamu bisa mengasup berbagai nutrisi berbeda sekaligus. Jeruk kaya dengan vitamin C, vitamin A, mineral seperti kalsium dan, serat, sampai antioksidan. Tapi kadang ketika kita membeli jeruk sampai 1 kg, lama kelamaan pasti bosan saat harus menghabiskannya dan makan jeruk tiap hari.  Nah, biar kamu nggak lantas bosan makan buah ini lagi, coba kreasikan dengan cara berikut yuk!

Popsicles Yogurt Jeruk

Bahan-bahan
1 cangkir / 200 ml drinking yogurt tawar
5 sdm Madu atau gula pasir sesuai selera
3 cangkir perasan jeruk
Potongan jeruk
600 ml air
1 bungkus agar-agar putih plain
Cetakan popsicle atau gelas kertas (party paper cup)

Campur agar-agar, air, dan gula sampai mendidih. Setelah mendidih matikan api, biarkan 5 menit hingga uap panas berkurang. Setelah itu masukkan yogurt dan perasan jeruk. Aduk hingga rata, lalu tuang ke cetakan popsicle. Biarkan hingga mencapai suhu ruangan lalu tambahkan 4-5 potong jeruk ke dalam cetakan. Jika sudah, bekukan di freezer selama minimal 3 jam. Agar es lebih cepat beku, kamu bisa merendam cetakannya dalam air garam. Agar lebih cantik, celupkan popsicle ke dalam coklat putih cair yang sudah dibiarkan dingin sesuai suhu ruangan.

Tropical Fruit Skewers

Bahan Buah
Jeruk sunkist yang belum terlalu tua
Buah anggur hijau dan merah
Buah kiwi
Buah pir atau apel

Bersihkan dan bilas semua buah dengan air matang. Kemudian potong-potong buah jadi bentuk dadu dan tusukkan dengan rapi ke lidi. Dengan bentuk kebab seperti ini kamu bisa dengan mudah makan buah sambil melakukan kegiatan lain. Jeruk sebagai snack juga aman bagi kamu yang harus menjaga kadar gula darah, karena buah ini memiliki indeks glikemik yang termasuk rendah.

Citrus Salad

Bahan Buah
3 buah Jeruk Sunkist
3 buah Jeruk mandarin
Buah naga merah dan buah berry untuk menambah warna

Dressing
2 sdm perasan jeruk
1 sdt perasan lemon
1 sdt Ekstrak vanilla
1 sdm Madu
1/2 sdt gula pasir

Waktu kamu sedang terbatas tapi ingin mengonsumsi buah? Untuk urusan ini, jeruk yang kulitnya bisa dikupas dengan praktis dan cepat bakal jadi solusi bersahabat! Kupas jeruk tapi jangan buang selaput putih pembungkus bulirnya, karena bagian ini kaya serat. (Kamu bisa gunting kulit dalam jeruk ini hingga jadi potongan kecil). Campur semua bahan dressing lalu tuangkan ke atas buah. Aduk pelan-pelan sampai semua permukaan jeruk dan buah lainnya terbalur dressing.

5-Minutes Orange-Peach Infused Tea

Bahan Buah
3 buah Jeruk jenis apa saja, bersihkan dan iris tipis tanpa membuang kulitnya
1 gelas Peach kalengan
1 kaleng hemaviton C1000
2 liter Teh tawar, diseduh seperti biasa

Buat kamu yang ingin mengonsumsi jeruk bukan dengan dimakan tetapi dengan cara diminum, resep ini patut dicoba! Tak usah risih dengan kulit jeruk yang masih utuh, karena kulit jeruk justru kaya gizi seperti vitamin A, C, B6 dan B6, riboflavin, kalsium, thiamin, niasin, dan folat. Masukkan irisan jeruk dan peach ke dalam water jug dan biarkan selama setengah jam. Sambil menunggu, seduh teh dengan ukuran sekitar 2 liter. Setelah 30 menit, campur infused water tersebut dengan larutan teh dan hemaviton C1000. Tambahkan es agar lebih segar. Untuk hasil infused tea yang rasanya lebih fruity, kamu bisa membiarkan jeruk dan peach di-infuse lebih lama sambil didinginkan di kulkas. Tapi segera keluarkan potongan jeruk yang di-infuse setelah 4 jam, agar tidak meninggalkan rasa pahit.