Jaga Kondisi Saat Berhaji

Friday, 04 September 2015

Selain siap secara spiritual, pergi haji juga membutuhkan mental dan fisik yang prima. Perjalanan yang panjang ditambah aktivitas ibadah yang padat memerlukan persiapan yang maksimal. Kamu berencana pergi haji? Siapkan hal-hal berikut ini ya agar ibadahmu dapat berjalan lebih lancar.

1.    Jangan malas menimba ilmu. Pergilah ke pertemuan atau pengajian yang akan menambah ilmu kamu seputar ibadah haji. Semakin banyak yang kamu tahu, mental kamu akan semakin siap menghadapi berbagai kemungkinan.

2.    Saat ibadah haji, kamu akan banyak berjalan kaki. Berlatihlah mulai sekarang. Perbanyak berjalan kaki saat pergi bekerja, pergi belanja, atau luangkan waktu khusus untuk olahraga berjalan kaki di pagi hari. Ini akan membuatmu terbiasa di Tanah Suci nantinya.

3.    Siapkan stamina tubuh kamu. Padatnya aktivitas dan perjalanan yang panjang cenderung membuat waktu tidurmu berkurang.  Tapi jangan sampai kantuk dan lelah mengganggu ibadahmu. Konsumsi hemaviton Stamina Plus yang mengandung Ginseng, Guaranine, dan L-Glutamic Acid untuk membantu memulihkan stamina dan memelihara daya konsentrasi sekaligus menjaga kondisi dan kesehatan tubuh di tengah aktivitas ibadah yang padat seharian.

4.    Bawa camilan sehat. Menunggu berjam-jam di airport bisa menguras energi. Siapkan camilan pengganjal perut yang tidak akan merusak kesehatanmu.

5.    Fokuslah beribadah. Memang ada kesempatan untuk berjalan-jalan dan belanja oleh-oleh. Tapi lakukan sewajarnya. Hemat energi kamu untuk kepentingan ibadah saja di sana.

6.    Hafalkan baik-baik rute dari hotel ke tempat ibadah. Sejumlah pintu dan jalan terlihat mirip. Tetap fokus dan konsentrasi ya.

7.    Lakukan pencegahan sejumlah penyakit seperti meningitis dan MERS-cov dengan melakukan vaksinasi.

8.    Bawa selalu obat-obatan pribadi untuk pertolongan pertama saat sakit datang. Bekal krim kaki juga berguna mengingat kamu akan banyak berjalan kaki. Jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari teriknya matahari di Tanah Suci.

9.    Bawa perlengkapan toilet dalam tas kecil. Hand sanitizer atau toilet sanitizer, tisu, dan sabun pembersih. Ini akan sangat membantu.

10.    Minumlah air yang banyak. Jangan takut akan sering buang air kecil. Saat cuaca terik kebutuhan harian tubuh bisa lebih dari delapan gelas sehari. Penuhi kebutuhan cairan untuk menghindari dehidrasi. Kalau sudah dehidrasi ibadahmu akan lebih terganggu daripada sekadar bolak-balik ke toilet kan.