Ayo Cari Tahu Indeks Glikemik Makanan Kita!

Wednesday, 23 November 2016

Sebagai orang yang memiliki risiko penyakit diabetes melitus, pola makan memang harus dijaga dengan benar. Salah satu caranya dalah dengan mengetahui indeks glikemik pada setiap makanan yang kita santap. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan kadar gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu makanan. Jadi, indeks glikemik adalah tingkatan makanan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. Makanan yang mempunyai Indeks Glikemik tinggi bila dikonsumsi akan meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat dalam jumlah tinggi. Nah cari tahu kadar glikemik setiap ragam makanan yang kamu makan melalui tabel yang dilansir dari situ diabetesmelitus.org berikut ini:
 


Kategorisasi indeks glikemik (IG) dalam makanan terbagi dalam 3 kategori yaitu IG rendah: 55 atau kurang dari 55, IG sedang: 56 – 69, IG tinggi: 70 atau lebih dari 70. Nah, setelah melihat daftar di atas, kamu yang memiliki risiko penyakit diabetes mungkin cenderung memilih makanan dengan IG rendah. TAPI TUNGGU DULU. Ternyata, itu bukan solusi. Sebab, bukan berarti semua makanan yang memiliki IG tinggi itu buruk untuk kesehatan, begitupun sebaliknya.

Pola makan yang paling tepat adalah mengombinasikan makanan yang memiliki IG rendah dengan makanan yang memiliki IG tinggi, karena keduanya sama-sama memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja, khusus untuk pemilik risiko diabetes, sebaiknya mengonsumsi makanan dengan IG tinggi dengan porsi yang lebih kecil dibandingkan dengan porsi makanan yang memiliki IG rendah.

Jangan ketinggalan juga untuk mengonsumsi hemaviton GluCare yang mengandung chromium nicotinate. Sehingga penyerapan gula oleh jaringan tubuh untuk dapat diubah menjadi energi lebih maksimal dan kadar gula dalam darah akan terjaga. Selain itu hemaviton GluCare juga dilengkapi dengan Lutein untuk menjaga kesehatan mata serta Vitamin E, B1, B6 dan B12 untuk membantu menjaga kesehatan syaraf.