Alasan Tubuh Juga Perlu Makanan Berlemak

Monday, 04 September 2017

Makanan berlemak memang tidak baik untuk kesehatan tubuh jika dimakan secara berlebihan. Pada dasarnya bukan hanya makanan berlemak, makanan apapun jika dikonsumsi secara berlebihan tentunya punya efek samping bagi tubuh. Namun sampai sekarang, lemak sering mendapat stigma negatif dan orang-orang pun berlomba untuk menghindarinya. Padahal dengan porsi yang sesuai, tubuh kita juga tetap membutuhkan lemak. Ini dia sederet alasannya.

  • Banyak makanan sehat yang mengandung lemak

Jangan buru-buru bersikap antipati pada makanan berlemak. Nyatanya, banyak juga makanan berlemak yang termasuk jenis makanan sehat. Misalnya saja kacang-kacangan  yang mengandung lemak tak jenuh tunggal ternyata baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Menurut profesor terkemuka makanan dan gizi di Universitas Pudue Richard Mattes, MPH, RD, hasil penelitian menunjukkan tak ada hubungan antara konsumsi kacang dengan berat badan. Kacang-kacangan juga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil karena dipercaya dapat meningkatkan kualitas ASI.

  • Membantu penyerapan nutrisi

The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa penelitian menunjukkan, makan salad dengan saus yang mengandung lemak (mayonaise misalnya) dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang disebut karotenoid. Karotenoid ini penting untuk pencegahan penyakit.

  • Daya tahan tubuh kuat

Berdasarkan penuturan dari penulis buku Good Calories, Bad Calories, Dr. Michael dan Dr. Mary Eades, kekurangan asam lemak jenuh bisa menghambat sel darah putih untuk melawan virus, bakteri, dan jamur. Jadi sudah jelas tubuh tetap membutuhkan lemak agar daya tahan tubuhnya lebih kuat.

  • Meningkatkan fungsi otak

Ternyata otak kita juga membutuhkan lemak, lho. Sekitar 60 persen dari berat kering otak adalah lemak. Selain itu, neuron sehat mengandung jenis lemak yang dikenal sebagai DHA. Vitamin A,D,E, dan K yang juga sangat esensial bagi otak ternyata  juga membutuhkan lemak untuk menyerapnya. Karena vitamin tersebut tidak larut oleh air.

  • Menyehatkan kulit

Walaupun mengonsumsi lemak berlebih bisa jadi salah satu pemicu timbulnya jerawat, tetapi kekurangan lemak juga tidak baik lho. Sebab, lemak membentuk sebagian besar dari membran sel dan kulit tubuh kita. Kekurangan lemak bisa membuat kulit pecah-pecah.

Perlu diingat, membatasi konsumsi lemak bukan berarti tidak mengonsumsi lemak sama sekali. Jadi berhentilah bersikap terlalu paranoid dan konsultasikan pada dokter atau ahli gizi batasan konsumsi lemak yang aman untuk tubuhmu. Selain itu sesekali menikmati santapan berlemak juga tidak apa-apa kok, asal jangan lupa mengonsumsi hemaviton Cardio pada saat atau sesudah makan. Phytosterol yang terkandung didalam hemaviton Cardio merupakan bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan berfungsi memblok Kolesterol yang masukke tubuh melalui makanan agar tidak masuk ke dalam darah. Mengonsumsi hemaviton Cardio secara teratur tidak hanya membantu menurunkan kolesterol tetapi juga mencegah kolesterol masuk ke dalam darah. Selain itu, imbangi juga dengan olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup ya!