5 Camilan Ini Bikin Berat Badanmu Cepat Naik

Wednesday, 30 August 2017

Rasa lapar memang bisa muncul kapan saja tanpa bisa diduga. Itu sebabnya banyak orang memilih selalu menyiapkan camilan di dekatnya. Namun sebenarnya tidak semua camilan itu baik dikonsumsi lho. Sebab banyak jenis camilan yang justru tidak baik untuk kesehatan. Sementara sebagian yang lain bikin berat badan bertambah dengan cepat. Bisa-bisa camilan penunda lapar yang kamu makan justru bikin dietmu gagal.

Roti

Makanan berbahan dasar terigu ini cukup sering dijadikan camilan. Sebab roti dirasa cukup mengenyangkan dan juga lezat. Variannya juga cukup banyak. Ada roti dengan rasa manis atau asin. Misalnya roti cokelat, keju, pisang, kacang, daging, hingga pizza. Kamu juga bisa mengisi roti tawar dengan selai favoritmu sendiri. Namun peningkatan gula darah dapat terjadi karena rendahnya serat dan protein dalam roti tawar putih, sehingga sangat mudah diserap tubuh.Gula darah akan mendadak tinggi kadarnya.  Selain itu Kelebihan asupan gula dari roti tawar putih yang tidak langsung digunakan sebagai energi, kemungkinan akan disimpan sebagai lemak pada tubuh. Selain itu, roti tawar putih juga memicu rasa lapar datang kembali lebih cepat, sehingga kemungkinan asupan kalori akan meningkat.

Gorengan

Walau menjadi camilan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia karena harganya murah dan rasanya yang lezat, namun gorengan ternyata buruk bagi kesehatan. Padahal umbi-umbian, tahu, tempe, atau pisang pada dasarnya adalah bahan makanan yang sehat, namun ketika digoreng dengan banyak minyak panas maka kandungan gizinya akan rusak. Selain itu makan gorengan juga bisa meningkatkan kandungan trigliserid atau lemak dalam darah. Lama-kelamaan, lemak bisa menimbun menjadi plak, kemudian akan menyumbat pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di otak. Campuran tepung terigu untuk menggoreng juga bisa bikin berat badan melesat cepat, apalagi jika kamu memakannya setiap hari.

Mie Instan

Mie instan terbuat dari maida. Maida adalah olahan tepung terigu yang telah mengalami proses penggilingan, penghalusan, dan pemutihan. Menurut seorang ahli gizi pada Rumah Sakit Fortis di New Delhi, maida yang terkandung pada mie instan hanyalah bahan tambahan yang tidak memiliki kandungan nutrisi apapun selain kaya akan rasa. Sehingga konsumsi maida justru hanya akan memicu kegemukan. Selain itu, maida juga memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga konsumsi maida dapat meningkatkan gula darah kamu dan dapat memicu pembengkakan hingga berpotensi diabetes tipe 2.

Cokelat

Selama kamu tidak punya masalah bobot badan, mengonsumsi satu batang cokelat per hari pun tidak masalah asalkan dibarengan dengan aktivitas fisik yang memadai. Namun jika kamu punya rencana Menurunkan Berat Badan,  mengonsumsi permen  cokelat akan berperan dalam menggagalkan program dietnya karena bagaimanapun terdapat kandungan lemak jenuh di dalam cokelat.

Snack kemasan

Makanan ringan seperti snack kemasan banyak mengandung karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan. Makanan yang mengandung karbohidrat sendiri di dalam tubuh akan diubah menjadi gula. Kondisi ini dapat mengakibatkan jenis diabetes tipe 2. Selain itu kandungan pemanis buatan yang terdapat dalam snack kemasan ternyata tidak mengandung nutrisi sama sekali. Sehingga zat satu ini sebenarnya tidak membawa manfaat kesehatan apapun bagi tubuh kita.Pemanis tersebut hanya mengandung kalori yang jika berlebihan akan berkontribusi pada peningkatan berat badan.