Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Baik

Friday, 30 December 2016

Apakah kamu penggemar olahraga? Jika ya, maka kamu pasti tahu betul betapa pentingnya memilih sepatu olahraga yang baik. Sepatu olahraga yang sesuai akan membuat kamu merasa nyaman saat berolahraga dan meminimalisasi risiko kaki cedera. Perhatikan tip di bawah ini saat kamu membeli sepatu olahraga.

Sesuaikan Sepatu dengan Jenis Olahraga
Setiap jenis olahraga biasanya membutuhkan model sepatu yang spesifik. Sepatu basket misalnya, mempunyai model menutupi pergelangan kaki untuk mencegah cedera di bagian tersebut. Sepatu futsal dan sepatu sepak bola memiliki model yang berbeda meskipun olahraganya serupa. Bahkan, sepatu olahraga untuk jalan kaki dan berlari saja beda. Jadi, belilah sepatu olahraga yang memang sesuai dengan jenis olahraga yang kamu lakukan.

Ukur Secara Berkala
Katanya, pertumbuhan manusia sudah berhenti setelah memasuki usia dewasa (18 tahun), tetapi nyatanya hal ini tidak berlaku di pada semua bagian tubuh. Telapak kakimu masih bisa berkembang pada usia dewasa (meskipun tidak terlalu signifikan). Hal ini dikemukakan oleh Steven Raiken, direktur bagian kaki dan perelangan kaki di Rothman Institute, Thomas Horpital Jefferson Philadelphia. Oleh karena itu, ada baiknya mengukur ulang telapak kaki setiap 2 tahun sekali untuk memastikan ukuran sepatumu.

Beli di sore hari
Waktu terbaik untuk membeli sepatu adalah di sore atau malam hari, sebab sepanjang hari kakimu akan melebar atau memanjang. Jika kamu mencoba sebuah sepatu di pagi hari, maka ada kemungkinan sepatu tersebut akan terasa lebih sempit di sore hari. Itu sebabnya, kamu harus membeli sepatu di penghujung hari yaitu saat dimana kakimu berada di ukuran paling maksimal.

Bawa kaus kaki
Jika ada rencana membeli sepatu, sebaiknya siapkan kaus kaki dari rumah sehingga kamu bisa mencoba sepatu dalam kondisi menggunakan kaus kaki. Memang, kamu bisa membeli kaus kaki baru di toko sepatu. Namun biasanya setiap kaus kaki terbuat dari bahan yang berbeda dan ketebalannya mungkin juga berbeda dengan jenis kaus kaki yang biasa kamu pakai. Jadi, untuk menentukan kenyamanan sepatu, sebaiknya cobalah dengan memakai kaus kakimu sendiri.

Tes jalan
Jangan ragu (atau malu) mencoba sepatu olahraga sambul berjalan dan berlari kecil di sekeliling toko. Terkadang sepatu baru terasa nyaman atau tidak setelah kamu benar-benar menggunakannya untuk bergerak.

Pertimbangkan harga
Harga menentukan kualitas. Kalimat ini ada benarnya. Sepatu olahraga seharga Rp 200.000 tentu saja memiliki kualitas berbeda dengan sepatu seharga Rp 800.000. Harga yang lebih mahal seringkali memang mencerminkan kualitas sepatu. Namun perlu diingat, jika kamu membeli sepatu karena brand sepatu tersebut berkolaborasi dengan selebritas atau mengeluarkan edisi khusus dengan warna spesial, tentu saja harganya akan lebih mahal tetapi bukan berarti kualitasnya akan lebih baik.

Sudah punya sepatu olahraga yang keren? Saatnya melakukan olahraga secara teratur. Jangan lupa minum hemaviton Action agar tubuh segar bertenaga ketika harus berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya ya!