Teknik Dasar Basket yang Perlu Kamu Kuasai Jumat, 23 Juni 2017

Teknik Dasar Basket yang Perlu Kamu Kuasai

Work hard, play hard. Selepas kesibukan kamu sehari-hari, gimana sih cara asikmu untuk menikmati sisa waktu? Jika olahraga basket menjadi pilihan kamu untuk menghilangkan penat, pastikan energi kamu nggak habis yaa. Ayo genjot lagi dengan hemaviton Energy Drink biar bisa have fun bareng sohib kamu! Jangan lupa latih terus teknik dasar bermain basket yang benar berikut ini.

Dribbling
Dribbling alias menggiring bola dalam basket memiliki beberapa aturan, misalnya harus dilakukan dengan satu telapak tangan yang tidak mengepal, tidak boleh dengan dua tangan bersamaan, ataupun dibawa melangkah tanpa dipantulkan. Saat dribbling ada juga syarat seperti tidak boleh dilanggar, misalnya bola dibawa berpindah lebih dari 3 langkah serta tidak boleh melempar ke garis pertahanan belakang jika sudah dalam posisi menyerang. Jika dilanggar, maka bola akan berpindah ke tim lawan. Coba cari cara yang pas denganmu agar agar bola tidak lari dari tangan.

Rebound
Teknik rebound, adalah gerakan melempar bola yang terbagi menjadi dua. Pertama yaitu rebound defensif saat kita merebut bola basket yang gagal masuk ke dalam ring dan melakukan counter attack, dan yang kedua yaitu rebound ofensif yang membantu teman setim yang gagal memasukkan bola ke ring dengan mencoba shooting lagi.

Pivot
Sesuai arti namanya yang berarti sumbu poros, pivot dilakukan dengan menggunakan salah satu kaki sebagai poros gerakan dan kaki sebelahnya digeser dengan badan berputar membelakangi lawan.  Teknik ini biasa digunakan untuk gerak tipu dan melindungi bola dari rebutan lawan. Lakukan ini saat kamu berhasil merebut bola dari lawan yang sedang menyerang.

Passing
Dalam permainan tim seperti basket, passing alias mengoper bola adalah teknik dasar yang sangat penting. Jika kamu salah perhitungan dalam melempar bola, bisa-bisa bola jadi dikuasai oleh tim lawan. Passing bisa dilakukan dengan minimal 3 posisi bola yang berbeda : dari atas kepala untuk menghalau serangan dan mengembalikan bola ke daerah pertahanan lawan; dari depan dada untuk operan lurus; dari memantulkan bola ke lapangan; serta dari beberapa posisi lain seperti pada teknik under pass, hook pass, dan baseball pass.

Shooting
Ini dia gerakan final yang menentukan skor pertandingan. Saat melakukannya, jangan grogi ya agar tembakan kamu akurat. Ada beberapa cara shooting yang bisa kamu lakukan, seperti set shoot dengan cara berdiri dan menembak dengan satu tangan atau dua tangan; jump shot yang dilakukan sambil melompat; dan lay up dengan cara lari mendribel, lalu langsung mengangkat bola sambil berlari 2 langkah dan ditutup dengan jump shot pada langkah ketiga. Kalo kamu sudah cukup jago, cobain aja untuk slam dunk di depan ring guys!

Related Story

Other Article

Manfaat Olahraga Bersama Sepulang Kerja Jumat, 08 Desember 2017

Manfaat Olahraga Bersama Sepulang Kerja