Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darahmu

Monday, 07 December 2015

Kamu pernah membaca komik golongan darah? Dalam komik ini, karakteristik seseorang bisa ditebak lewat golongan darahnya. Selain soal karakter, ternyata golongan darah juga bisa membantu kamu menemukan olahraga yang paling pas untukmu. Dr. James D’Adamo dalam bukunya Eat Right for Your Type, menyatakan bahwa ada jenis olahraga yang lebih tepat untuk masing-masing golongan darah. Olahraga yang tepat, dapat membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Mana olahraga yang paling cocok untukmu?

• Golongan Darah A
Jika golongan darahmu A, konon kamu lebih rentan stres dibanding golongan darah lainnya. Sistem syarafmu yang dominan membuatmu lebih peka terhadap stimulus dari lingkungan, bahkan kamu bisa jadi tertekan karena hal-hal kecil. Coba deh jenis olahraga yang bisa membantu merilekskan otot yang tegang dan cenderung menenangkan seperti yoga atau pilates. Jika ingin olahraga bersama-sama , coba contact sports yang kaya stimulus fisik seperti basket, sepakbola, rugby, hoki, atau bela diri yang bisa ‘membangunkan’ syarafmu.

• Golongan Darah B
Kamu yang bergolongan darah B biasanya senang menjaga keseimbangan dalam hidup. Karena senang berpikir sekaligus memiliki fisik yang lincah, kamu senang olahraga kompetitif yang bisa membuatmu bergerak sambil menyusun strategi. Contohnya, kamu cocok bermain tenis, dan golf.

• Golongan Darah AB
Kamu yang bergolongan darah AB disarankan untuk mengombinasikan olahraga yang butuh gerakan lincah dengan olahraga yang dapat menenangkan pikiran. Agar lebih bersemangat, tipe AB bisa mengawali hari dengan aerobik atau zumba dan ditutup dengan yoga atau berenang santai di penghujung hari.

• Golongan Darah O
Menurut Dina Khader, konsultan nutrisi dari Mt. Kisco, olahraga dapat memicu pelepasan endorfin seorang bergolongan darah O. Ini sebabnya kamu sangat menikmati latihan fisik dari level intensitas sedang hingga ekstrim! Olahraga jenis High Intensity Interval Training alias HIIT cocok untukmu. Agar bersemangat seharian di kantor, awali harimu dengan olahraga teratur seperti lari pagi atau angkat beban.

Foto: Shutterstock