Persiapan Lomba 17-an ini Bisa Bikin Kamu Lebih Sehat Selasa, 16 Agustus 2016

Persiapan Lomba 17-an ini Bisa Bikin Kamu Lebih Sehat

Perayaan hari kemerdekaan identik dengan keseruan perlombaan yang diadakan. Sebut saja tarik tambang, bakiak, balap karung, dan sebagainya. Buka hanya menyenangkan, perlombaan tersebut membutuhkan kerja sama tim dan kondisi fisik yang prima. Supaya kamu bisa memenangkan setiap perlombaan dengan percaya diri, latih otot kaki dan lengan yang kerap digunakan ketika perlombaan, dengan cara berikut ini.

Squat with ball
Gunakan exercise ball untuk bersandar di tembok, buka kaki selebar bahu, tekuk lutut dan turunkan tubuh perlahan dengan kondisi punggung dan bahu tegak lurus, berdiri lagi perlahan dan ulangi sebanyak 5 set (1 set = 12 hitungan). Gerakkan ini dapat membantu melatih otot paha dan kaki yang berguna untuk bertahan saat lomba tarik tambang.

The Single-Leg Circle
Berbaring di matras dengan kondisi punggung lurus, angkat satu kaki lurus ke atas, putar searah jarum jam, turunkan kaki perlahan, ulangi dengan kaki yang lainnya masing-masing 3 set. Gerakkan ini berguna untuk melenturkan otot paha sehingga tidak mudah kram setelah mengikuti lomba bakiak.

Tthe Flamingo Balance
Genggam dumbell dengan tangan kananmu mengarah lurus ke depan. Berdiri dengan kaki kiri sementara kaki kanan diangkat lurus ke arah belakang hingga sejajar dengan pinggul. Di saat yang bersamaan gerakkan dumbell ke arah muka untuk melatih otot bisep, setelahnya biarkan kaki kananmu menapak seperti semula. Ulangin sebanyakan 12 hitungan untuk masing-masing kaki dan tangan. Gerakkan ini dapat melatih otot lengan, kaki, sekaligus keseimbangan yang dibutuhkan untuk memenangkan lomba panjat pinang.

Skipping & Stair exercise
Untuk memenangkan lomba balap karung, latih lompatanmu dengan melakukan lompat tali atau skipping. Sementara untuk melatih stamina, lakukan gerakkan lari di tempat. Gunakan anak tangga paling bawah sehingga intensitas gerakan lebih tinggi ketimbang berlari di atas bidang datar.

Meski bertujuan untuk memenangkan lomba 17-an, namun latihan di atas dapat kamu teruskan setelah lomba berakhir. Dijamin, tubuhmu akan terasa lebih bugar dan terlihat lebih kencang. Yuk jadi lebih sehat di peringatan hari kemerdekaan tahun ini!

Related Story

Other Article