Makin Siap Action dengan Latihan Tabata Kamis, 09 Maret 2017

Makin Siap Action dengan Latihan Tabata

Di zaman yang serba praktis ini, latihan Tabata dengan cepat menjadi populer di antara masyarakat, khususnya kaum urban. Bagaimana tidak, hanya dalam waktu empat menit saja, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal! Latihan ini lahir setelah ilmuwan asal Jepang Izumi Tabata dan rekan-rekannya membandingkan hasil dari olahraga berintensitas sedang dan olahraga berintensitas tinggi alias High Intensity Interval Training (HIIT). Para ilmuwan ini menyimpulkan bahwa para atlet yang melakukan latihan intensitas tinggi memperoleh peningkatan kapasitas aerobik dan anaerobiknya; sedangkan pada olahraga berintensitas sedang, kinerja anaerobik tidak meningkat. Mereka pun merumuskan latihan seperti apa yang memberikan efek paling besar, dan metode ini pun disebut metode Tabata. Kamu juga bisa menerapkan metode Tabata dengan mudah. Pada dasarnya, latihan Tabata terdiri dari 8 putaran latihan HIIT dengan pola 20 detik latihan dan 10 detik istirahat.

Seperti inilah gambaran pola latihan Tabata:

1.:10 – Bersiap
:20 – Latihan
:10 – Istirahat

2.:20 – Latihan
:10 – Istirahat

3.:20 – Latihan
:10 – Istirahat

4.:20 – Latihan
:10 – Istirahat

5.:20 – Latihan
:10 – Istirahat

6.:20 – Latihan
:10 – Istirahat

7.:20 – Latihan
:10 – Istirahat

8.:20 – Latihan

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan 4 menit ini, dorong diri kamu hingga mencapai batas maksimal kemampuan fisik kamu pada setiap periode latihan. Berikut adalah contoh kombinasi gerakan yang dapat kamu praktikkan saat melakukan olahraga Tabata.

Cardio Tabata: lompat tali, burpees (gabungan dari gerakan push up, squats, dan jumping jacks)

Strength Tabata: push up saat interval 1,3,5, dan 7. Air squats saat interval 2,4,6, dan 8.

Mixed Tabata: pull up selama interval 1,3,5, dan 7. Tuck jumps (lompatan dimana lutut mendekati dada) pada interval 2,4,6, dan 8. Kamu juga bisa memvariasikan dengan gerakan olahraga lain sesuai kreativitas atau bagian tubuh tertentu yang ingin kamu latih.

Jangan lupa lakukan pemanasan untuk menghindari cedera dan kram otot. Biar makin semangat, kamu bisa menambah tenaga dengan hemaviton Action. Tubuh jadi nggak gampang capek dan tetap segar meski sehabis latihan Tabata. Kandungan zat gizi di dalamnya seperti vitamin, mineral, ginseng, creatine, guaranine, magnesium, zinc, sampai asam folat akan membuat tubuhmu selalu berenergi dan makin siap action!

Related Story

Other Article