Kurus Bukan Berarti Bebas Kolesterol Ayo Bergerak!

Friday, 08 January 2016

Kolesterol tinggi seringkali identik dengan mereka yang memiliki berat badan berlebih. Namun kenyataannya tidak demikian. Tubuh kurus pun bisa saja menyembunyikan kolesterol tinggi. 

Mereka yang bertubuh kurus atau langsing seringkali tidak menyadari seberapa banyak lemak yang mereka konsumsi. Bahkan tidak sedikit yang merasa tidak perlu bergerak dan berolahraga. Padahal sama seperti mereka yang memiliki berat badan berlebih, orang kurus pun tidak bisa seenaknya mengonsumsi makanan yang mereka inginkan dan duduk serta tiduran saja sepanjang hari. 

Mereka yang kurus dan masih berusia muda mungkin saja diam-diam menumpuk lemak dan kolesterol di dinding arteri mereka selama bertahun-tahun. Jika ini terjadi aliran darah menuju organ vital bisa terhambat, bahkan plak ini juga bisa pecah dan menyebabkan darah menjadi beku.

Kadar kolesterol memang tidak terlihat dari luar, maka mengecek kolesterol secara periodik diperlukan. Selain itu kamu juga harus memperbaiki asupan makanan dan gaya hidupmu. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, ikan dengan lemak baik dan omega3. Lakukan pula olahraga secara rutin. Olahraga selama 20-30 menit sehari bisa membantu mengatasi masalah kolesterolmu. Kamu bisa berenang, berjalan kaki, bersepeda atau ikut kelas dansa. Kalau sulit meluangkan waktu untuk berolahraga, kamu bisa naik turun tangga daripada berdesakan di lift. Diet dan olahraga bisa memperbaiki level kolesterol sebesar 10 hingga 20%.

Foto: Shutterstock