Ingin Turun Berat Badan? Ayo Olahraga di Pagi Hari!

Friday, 18 September 2015

Pergi ke gym sepulang bekerja atau lari keliling stadion ketika hari sudah gelap? Berolahraga di malam hari memang tidak salah. Tapi tahukah kamu kalau olahraga di pagi hari memiliki lebih banyak keuntungan?

    Penelitian menunjukkan olahraga di pagi hari memperbaiki kualitas tidur yang dapat mendukung penurunan berat badan. Mengapa? Tidur yang buruk memengaruhi hormon yang mengontrol nafsu makan. Olahraga di pagi hari mendukung ritme circadian tubuh (jam tubuh yang mengatur siklus biologis dalam metabolisme) untuk bisa memperbaiki kualitas tidur di malam hari. Sehingga hormon yang berhubungan dengan nafsu makan tersebut tetap stabil. Lain halnya jika kita berolahraga di malam hari. Bahkan dikutip dari Science Daily, studi dari Northumbria University menunjukkan olahraga di pagi hari ketika perut kosong dapat membakar lemak tubuh 20% lebih banyak, lho.

    Olahraga pagi juga baik bagi kamu yang ingin membentuk tubuh. Pagi hari adalah saat hormon krusial seperti testosterone yang membangun massa otot sedang meningkat dalam tubuh. Maka berolahraga di pagi hari artinya kamu memanfaatkan sirkulasi hormon saat berada di puncak secara alamiah. Hasilnya tentu akan lebih baik dibandingkan jika baru bergerak di sore hari.

    Selain keuntungan secara fisik. Kamu juga bisa mendapatkan benefit psikologis. Ketika kamu menuntaskan target lari atau gym di pagi hari kamu, kamu akan merasa lebih baik karena berhasil mencapai sesuatu. Sehingga semangat kamu untuk beraktivitas pun akan meningkat. Tubuh pun lebih energik setelah berolahraga pagi. Tidak percaya? Ayo coba saja sekarang!

Foto: Shutterstock