Cedera Saat Olahraga? Yuk Lakukan Ini!

Thursday, 29 October 2015

Terkilir, keseleo, atau memar saat olahraga adalah hal yang sering terjadi. Apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba mengalami cedera seperti ini? Tak perlu panik, sejak 1978 telah dikenal metode R.I.C.E. yang dapat kita lakukan sendiri dengan mudah. Istilah R.I.C.E adalah singkatan dari 4 langkah menangani cedera yaitu, Rest (istirahat), Ice (pemberian es pada bagian yang cedera), Compression (melilitkan perban), Elevate (mengangkat bagian yang cedera sampai berada di atas posisi jantung). Agar lebih jelas, simak langkahnya berikut ini:

1.    R (Rest)
Langkah pertama dalam metode R.I.C.E. ini cukup sederhana, yaitu segera menghentikan aktivitas dan beristirahat agar cedera tidak jadi makin parah. Jika masih muncul rasa sakit yang sangat hebat, atau terjadi luka terbuka, segera periksakan ke puskesmas atau dokter terdekat ya.

2.    I (Ice)
Es batu yang ditempelkan ke bagian yang cedera dapat meredakan rasa nyeri. Tempelkan es segera setelah cedera muncul. Tempelkan selama 10 menit dan bisa diulangi setiap 2-4 jam lalu istirahatkan agar cedera lebih cepat sembuh.

3.    C (Compress)
Langkah berikutnya adalah dengan melilitkan perban alias membebat bagian yang cedera. Hal ini bisa mencegah ukuran pembengkakan yang terlalu besar. Pastikan juga lilitan perban pas, tidak terlalu kencang. Tanda perban terlalu kencang adalah mati rasa, kesemutan, rasa nyeri, atau bengkak di sekitar perban.

4.    E (Elevate)
Langkah terakhir, angkat bagian yang cedera sampai posisinya berada diatas posisi jantung. Contohnya bila kakimu terkilir, berbaringlah rata dan letakkan kaki di atas bantal agar kaki tersangga ke arah atas. Hal ini bisa mengurangi risiko pembengkakan semakin parah.

Foto: Shutterstock