Ayo Kontrol Gula Darah Lewat Olahraga yang Sesuai

Thursday, 23 July 2015

Jika kamu ingin hidup sehat, berolahraga secara konsisten adalah hal yang wajib. Begitu juga jika kamu penderita diabetes. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika seorang penderita diabetes rutin berolahraga, misalnya mengurangi resiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, membantu insulin dalam tubuh bekerja lebih baik, dan juga memperbaiki kontrol kadar gula darah.  Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba. 

1. Walk  - Cara termudah untuk mengontrol kadar gula darah adalah untuk berjalan santai secara rutin. Lakukanlah setelah selesai makan ketika kadar gula darah sedikit lebih tinggi.  Menurut James O. Hill, seorang professor dari University of Colorado, target awal yang bisa dicapai adalah 30 menit atau 2,400 langkah per hari, seperti yang dikutip dari American Diabetes Association. Jika target tersebut terasa terlalu mudah, kamu boleh menambahkan ekstra 30 menit di keesokan hari.

2. Cycle – Cycling atau bersepeda adalah salah satu pilihan olahraga yang low-impact namun tetap efektif. Intensitas latihannya juga bisa kamu atur kapan saja, membuatnya sangat aman dan mudah untuk dilakukan. Next time kamu harus ke toko sebelah beli barang, cobalah untuk gunakan sepeda daripada mobil.

3. Swim – Tetap aktif dan jaga kesehatan dengan berenang. Cobalah untuk berenang sejauh 25m, istirahat 30 detik, dan ulang kembali. Jika kurang menantang, kamu bisa mencoba berenang selama lima menit lalu istirahat selama satu menit.

4. Yoga – Olahraga yang sedang tren sekarang ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan menjaga berat badan sekaligus. Cobalah gerakan-gerakan asana seperti Vajrasana (duduk lurus ke depan, betis dibawah paha, tulang punggung tegak lurus), Halasana (berbaring terlentang, kedua tangan sejajar dengan lantai, kedua kaki diangkat di atas kepala hingga tumit menyentuh lantai), dan Sarvangasana atau pose lilin (angkat kedua kaki tegak lurus ke atas hingga perut juga ikut terangkat, kedua tangan menahan pinggang)

5. Housework - Exercise takes many form. Salah satunya datang dalam bentuk pekerjaan rumah tangga. Eits, tapi tidak semua pekerjaan rumah tangga lho. Fokuslah ke pekerjaan yang lebih aktif seperti menyapu atau mengepel, belanja di pasar, mencuci mobil, dan menggantung jemuran.

Yang harus diingat, jangan lupa untuk mengukur gula darah sebelum dan sesudah olahraga. Bila gula darah kurang dari 100mg/dl, naikkan terlebih dahulu dengan konsumsi camilan yang mengandung karbohidrat. Selain itu, jika kamu merasakan gejala hipoglikemia seperti pusing, keringat dingin, dan susah berkonsentrasi pada saat berolahraga, segara berhenti dan jangan ragu konsultasi dokter untuk olahraga yang tepat untukmu.