Tubuh Tetap Jreng Ala Pesepakbola Dunia

Thursday, 20 August 2015

Saat menonton pertandingan sepakbola, pernahkah kamu merasa terkagum-kagum dengan stamina para pemain itu? Kok bisa ya selama 90 menit , energi mereka seperti tidak kunjung habis mengejar bola terus menerus.  Apakah stamina tersebut hasil dari kerja keras dan latihan yang tepat? Tentu! Tapi bukan hanya itu saja lho jawabannya. Masih banyak faktor-faktor lain yang mendukung kondisi fisik prima dari para pemain. Apa saja sih faktor tersebut?

Makanan Seimbang
Tidak hanya latihan secara rutin, seorang pesepak bola juga harus menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Makanan seimbang yang dimaksud harus mengandung zat-zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, lemak, dan juga serat. Seperti dikutip dari U.S. Soccer, pelatih timnas, Jurgen Klinsmann, menekankan pentingnya nutrisi untuk memaksimalkan performa seorang pemain bola. Untuk itu, dia menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi optimal sebanyak 4-6 kali sehari namun dalam porsi yang lebih kecil.

Hidrasi Tubuh
Salah satu kiat menjaga performa tubuh dan mencegah kelelahan adalah menjaga tingkat hidrasi tubuh dengan minum air yang banyak sepanjang hari. Dalam interview dengan FourFourTwo, Diego Forlán mengatakan bahwa selain air, dia juga sering minum jus segar dan smoothie untuk mempercepat pemulihan dan memberikan asupan energi tambahan supaya dia bisa bekerja lebih keras di sesi latihan berikutnya.

Tidur Cukup
Istirahat dan tidur yang cukup amat sangat vital bagi performa dan stamina pesepak bola. Walaupun dengan jadwal latihan yang ketat, seorang pemain bola professional harus bisa mengatur waktu untuk istirahat yang cukup. Ini karena istirahat yang cukup dapat membantu melepas stress, menguatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga meningkatkan fokus sehingga pesepak bola dapat kembali siap bertanding atau berlatih dengan maksimal keesokan harinya.

Mental Tangguh
Dalam wawancara dengan Daily Mail, Cristiano Ronaldo menekankan pentingnya ketangguhan mental, Ia menganjurkan untuk melatih mental sama kerasnya dengan melatih fisik. Sebab kekuatan mental dan fisik yang seimbang akan membantu seseorang mencapai tujuan. Seorang pesepak bola yang mentalnya tangguh sanggup untuk menjaga emosi dan fokus di bawah tekanan, serta mempunyai komitmen untuk selalu menunjukkan performa terbaik walaupun sudah lelah secara fisik.  

Nah, sudah siap membentuk stamina sekuat pesepakbola dunia?

Foto: Shutterstock