Tips Jadi Penonton di Pertandingan Langsung yang Baik! Rabu, 26 Juli 2017

Tips Jadi Penonton di Pertandingan Langsung yang Baik!

Jika kamu penggemar Olahraga, pasti pernah dong menyaksikan pertandingan atlet atau tim jagoanmu secara langsung? Nonton pertandingan langsung memang jauh lebih seru dibandingkan hanya nonton di televisi. Kamu  jadi bisa menunjukkan dukungan langsung kepada jagoanmu, adrenalin pun rasanya lebih terpacu selama jalannya pertandingan. Asyik banget deh! Namun sebelum nonton pertandingan langsung, kamu harus tahu dong etika jadi penonton yang baik. Sebab banyak kejadian kurang sportif yang menyebabkan rusaknya fasilitas dari sikap penonton yang tidak baik. Yuk jadi penonton yang baik dengan menerapkan 4 hal berikut ini.

Tidak buang sampah sembarangan
Bukan hanya di pertandingan langsung sih, sebenarnya buang sampah sembarangan adalah hal yang pantang kamu lakukan dimana saja. Namun kalau mengaku pecinta olahraga, seharusnya kamu punya kesadaran lebih untuk menjaga fasilitas di tempat pertandingan olahraga dengan tidak buang sampah atau mengotorinya dengan cara lain (misalnya mencorat-coret bangku penonton). Pasti suasana menonton jadi lebih nyaman deh.

Hindari Bersikap Provokatif
Memberikan dukungan mati-matian untuk jagoanmu memang tidak dilarang. Namun tak jarang orang sulit membedakan antara mendukung jagoan dengan bersikap provokatif, misalnya dengan menghina lawan bahkan hingga menggunakan kata-kata kasar. Akhirnya, bukannya dukunganmu tersampaikan, kamu hanya akan menimbulkan masalah dengan suporter lawan. Duh jangan sampai deh. Yuk, ciptakan suasana menonton yang kondusif dan tetap sportif yah!

Jangan lakukan kekerasan
Jangan sesekali melakukan kekerasan baik secara lisan ataupun fisik selama pertandingan. Banyak kejadian seperti ini terjadi saat suporter dari dua kubu yang berlawanan sudah semakin sengit. Bukan hanya merugikan dirimu, tindak kekerasan yang dilakukan oleh pihak suporter bisa membuat tim favoritmu harus menanggung kerugiannya juga. Biasanya tim akan diberikan sanksi tertentu. Bentuknya berbeda-beda, mulai dari denda, larangan kehadiran suporter di pertandingan berikutnya, dan bentuk sanksi lainnya.

Bermusuhan 'hanya' di lapangan
Sesengit apapun pertandingan berlangsung dan bagaimanapun hasil akhirnya, terimalah kenyataan dengan bersikap sportif. Sah-sah saja ‘bermusuhan’ dengan suporter tim lawan saat pertandingan berlangsung, namun jangan jadi bekerpanjangan ya. Apalagi jika sampai menganggu hubungan baikmu dengan keluarga atau teman hanya karena hasil sebuah pertandingan olahraga. Hindari juga berkoar-koar menjelekkan tim lawan di media sosial karena hanya akan menimbulkan masalah saja.

Related Story

Other Article