Cara Merawat Helm Agar Tidak Bau

Thursday, 12 January 2017

Berkendara dengan motor sering jadi pilihan masyarakat ibukota ketika beraktivitas. Selain praktis dan hemat waktu, biaya bahan bakarnya juga tidak terlalu tinggi. Untuk melindungi dirimu saat berkendara dengan motor, atribut yang wajib kamu kenakan adalah helm. Sayangnya, pelindung kepala ini juga sering mengalami masalah bau tak sedap. Akibatnya rambut si pengguna helm juga ikut menjadi bau. Sebenarnya, bau tak sedap yang ada pada helm disebabkan oleh treatment atau perawatan helm yang kurang tepat. Untuk menghindari hal tersebut, coba lakukan langkah perawatan helm di bawah ini.

1.Pastikan kepala kering
Salah satu penyebab helm berbau tidak sedap adalah karena adanya jamur pada bagian busa dalam helm. Jamur bermunculan karena kondisi helm yang lembap. Oleh karena itu minimalisasi kemungkinan timbulnya jamur dengan menggunakan helm saat kondisi rambut benar-benar kering. Jika rambutmu belum kering sempurna, menggunakan minyak rambut, atau pomade, sebaiknya gunakan penutup kepala dulu sebelum memakai helm.

2.Basah karena hujan
Jika helm terkena hujan ketika sedang dalam perjalanan atau di tempat parkir, maka keringkan dengan benar ya. Sebab, air hujan memiliki tingkat keasaman yang berbeda dengan air biasa. Itu sebabnya, jamur akan lebih mudah muncul. Jika belum sempat mencucinya, setidaknya lap seluruh permukaan helm dan kacanya dengan kanebo hingga kering. Kemudian jemur helm dalam keadaan terbalik agar bagian busa kering sempurna.

3.Trik cuci sendiri
Mencuci helm, idealnya kamu lakukan 1-2 minggu sekali, agar tidak sampai kotor dan bau. Kamu bisa mencucinya di tempat pencucian helm yang mudah kamu temui. Jika ingin mencuci sendiri, caranya mudah saja (dan lebih hemat)! Berbeda dengan bagian luar helm yang mudah dibersihkan dengan kanebo, busa bagian dalam harus kamu cuci dengan detergen. Caranya, lepaskan busa dengan obeng, lalu rendam sebentar dengan air hangat yang dicampur detergen. Tidak perlu dikucek ya, karena bisa merusak bentuk busa. Jika sudah bersih, bilas dan jemur hingga kering. Setelah kering pasangan kembali busa ke dalam helm. Kamu juga bisa menyemprotkan parfum atau hair mist yang formulanya ringan (sedikit saja) ke bagian dalam helm yang sudah kering. Wangi deh!

4.Buat personal
Usahakan untuk tidak memakai helm bergantian dengan orang lain. Kamu tidak tahu kan kondisi kepala temanmu. Bisa saja rambutnya lembap (atau bahkan bau!) sampai bisa meninggalkan aroma tak sedap di helm milikmu. Untuk menghindarinya, jangan menggunakan helm bergantian atau jika terpaksa, minta peminjam helm milikmu menggunakan penutup kepala (hair cap) terlebih dulu.

Punya helm wangi bikin lebih segar, nyaman, dan percaya diri saat mengendarai motor. Jangan hanya kesegaran hel yang dijaga, kondisi tubuh juga harus tetap segar! Caranya, minum saja hemaviton Jreng setiap habis beraktivitas padat dan berat. Kandungan taurine, ginseng, multivitamin dan madu, akan membantu menjaga stamina sehingga tubuhmu tetap segar dan nggak gampang lelah.