Agar Resolusi Tak Gagal Lagi

Friday, 23 December 2016

Tiap kali menjelang tahun baru, kamu mungkin sibuk membuat resolusi baru. Mulai dari karier, asmara, bahkan penampilan. Namun dari tahun ke tahun, berapa banyak dari daftar resolusimu yang berhasil terwujud? Jika selama ini kamu merasa kurang optimal saat mewujudkan resolusimu, mungkin inisaatnya kamu mengantur ulang strategimu. Ikuti saja langkah di bawah ini.

Target = Usaha
Punya mimpi setinggi langit memang sah-sah saja. Namun pastikan mimpimu itu tetap realistis. Sebuah mimpi atau target bisa dikatakan realistis ketika kamu melakukan usaha yang sejalan dengan targetmu itu. Misalnya kamu berencana memperoleh beasiswa S2 di luar negeri, maka tentu saja kamu harus berusaha keras. Mulai dari meningkatkan skor TOEFL/IELTS hingga menyebarkan aplikasi ke berbagai universitas di luar negeri. Jika kamu tahu bahasa inggrismu kurang lancar sementara kamu juga hanya mengirimkan aplikasi ke 1-2 universitas, maka jangan heran jika kamu tidak bisa mencapai targetmu. Ingatlah bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jika targetmu tinggi, maka lakukan pula usaha yang sebanding, itu artinya kamu memiliki target yang realistis.

Rekan Sejalan
Ingin punya bentuk tubuh yang ideal atau traveling ke destinasi impianmu? Di awal tahun mungkin kamu punya semangat menggebu untuk diet, namun ketika berat sudah turun beberapa kilo, kamu merasa cepat puas dan kembali tergoda untuk makan makanan berlemak. Selain itu, kamu mungkin berhasil menabung di 3 bulan pertama demi bisa berlibur ke Eropa. Namun baru terkumpul sedikit kamu justru tergoda beli tas bermerk. Wah, kalau begini terus bisa-bisa targetmu gagal tercapai. Sebaiknya, cari rekan yang punya target sama denganmu. Kamu dan dia bisa jadi ‘pengawas’ untuk satu sama lain dan saling mengingatkan ketika salah satu pihak mulai ‘lupa’ pada target resolusi.

Dukungan Penuh
Sekuat apapun niatmu, kamu tetap membutuhkan dukungan dari orang terdekatmu. Baik itu pasangan, sahabat, orangtua, ataupun teman sekantor. Dengan dukungan mereka, kamu akan lebih bersemangat dan konsisten saat mewujudkan resolusimu. Bayangkan kalau kamu sedang diet tetapi pasangan justru mengatakan, “Kamu nggak mungkin kurus, Sayang!”.  Atau ketika kamu sedang menabung, namun sahabatmu justru terus mengajakmu berbelanja. Pasti kamu akan lebih kesulitan. Beritahukan resolusimu pada mereka dan mintalah dukungan penuh sejak awal tahun.

Rencana Cadangan
Sekeras apapun usahamu, akan selalu ada faktor X yang—mungkin saja—membuat resolusimu gagal. Jika sudah begitu, jangan langsung kecewa. Siapkan rencana cadangan untuk setiap target yang telah kamu buat. Misalnya, kamu bisa mengganti destinasi liburan ke Eropa menjadi keliling Asia Tenggara. Pilihan lainnya adalah memperpanjang deadline resolusimu. Mungkin resolusimu belum terwujud di tahun ini, tetapi paling tidak kamu sudah setengah jalan untuk mewujudkan resolusimu itu di tahun berikutnya.

Siapkan Tenaga
Punya segudang rencana jadi tidak berarti kalau kamu tidak punya energi dan kondisi tubuh yang sehat. Mewujudkan sebuah impian terkadang bisa sangat menyita waktu dan tenaga. Itu sebabnya kamu harus selalu fit agar bisa menjalankan semua rencanamu. Cukup minum hemaviton Action 1 kapsul setiap hari, kamu bisa mendapatkan manfaat formula barunya yang mengandung ekstrak ginseng, creatine, guaranine, multivitamin, dan zinc. Khasiatnya tubuh lebih segar, bernergi, dan metabolisme terjaga. Kamu jadi siap action setiap hari!